News, Kesehatan, Pendidikan

Terlalu Memanjakan Cucu Justru Dapat Membahayakan Kesehatan Mereka

| Kamis 16 Nov 2017 15:59 WIB | 1626




MATAKEPRI.COM - Kakek-nenek yang terlalu memanjakan cucu justru dapat membahayakan kesehatan cucu mereka.

Studi dari University of Glasgow menunjukan, kebanyakan kakek-nenek cenderung memanjakan cucunya dengan memberikan mereka makanan secara berlebihan.

Dilansir dari laman BBC pada Rabu (15/11/2017), hasil tadi didapat setelah melihat 56 penelitian dari 18 negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, China dan Jepang.

Laporan tersebut berfokus pada peran orang tua dari ibu-bapak sang anak dalam memberikan asuhan pada cucunya yang masih berusia dini.

Kajian tersebut mempertimbangkan tiga pengaruh utama pada asuhan anak: diet dan berat badan, aktivitas fisik, serta merokok.

Dalam hal 'diet dan berat badan', penelitian menyimpulkan bahwa sikap kakek dan nenek dalam memberikan makanan pada cucunya dapat berakibat buruk.

Mereka dicirikan oleh orangtua sang anak sebagai pihak yang senantiasa "memanjakan" dan "menyesatkan". Makanan berkadar gula dan lemak tinggi kerap dijadikan "alat" untuk mengikat emosi sang cucu.

Pihak orangtua sendiri merasa tidak dapat mencampuri kasus ini, karena mereka membutuhkan bantuan kakek-nenek untuk mengasuh anaknya.

Studi juga menemukan, para cucu jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga di bawah asuhan kakek dan neneknya.

Beberapa kakek-nenek mungkin sesekali membawa cucunya melakukan pemanasan ringan seperti lari pagi ke taman. Namun, ketika mereka tak beraktivitas, maka cucu akan melakukan hal yang serupa. (www.liputan6.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait