News, Politik

Gatot Nurmantyo Mengaku Kecewa Ditolak Masuk Negeri Paman Sam

| Selasa 24 Oct 2017 11:36 WIB | 1192




MATAKEPRI, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku kecewa ditolak masuk Negeri Paman Sam. Soalnya, Gatot merasa sudah akrab dengan pengundangnya, yakni Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph F Dunford Jr.

"Kalau dikatakan saya kecewa, saya kecewa. Kenapa saya kecewa? Karena saya bersahabat dengan Jenderal Dunford," kata Gatot di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Dia mengaku sudah pernah berkunjung ke rumah Jenderal Dunford Jr pada suatu waktu. Suasana hangat masih berkesan untuk Gatot dari pertemuan kala itu. Dia disuguhi kopi di rumah asri, makan malam, dan dinyanyikan lagu Bengawan Solo.

"Yang menyanyikan prajurit Amerika," kenang Gatot.

Rencana kepergiannya ke AS untuk menghadiri acara Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization (VEOs) yang akan dilaksanakan pada 23 dan 24 Oktober di Washington DC. Dia hendak pergi atas nama Panglima TNI yang diperintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun ternyata dia tak boleh masuk ke AS.

"Ya kenapa terjadi seperti itu? Ya sudah tidak usah berangkat. Mau berangkat gimana. Udah lapor ke Menko Polhukam ke Menlu, siap saya laporkan. Kan lapornya ke Presiden dulu baru ke Menko Polhukam dan Menlu. Dan sudah ditangani oleh Menlu," tuturnya.

Hingga saat ini, Gatot mengaku belum menerima perintah lanjutan dari Jokowi. Gatot tak punya inisiatif karena menunggu perintah dari pemerintah. Dia tak mau bergerak sendiri.

"Maka Presiden-lah yang memutuskan saya berangkat atau nggak," kata dia.

"Jadi kan sudah dikatakan Menlu Amerika Indonesia bersahabat semua akan diselesaikan. Monitor saja apa yang dilakukan Kemenlu apa solusinya. Jangan kita bergerak sendiri," kata dia.(www.detik.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait