News, Kesehatan

Mana yang Lebih Menyehatkan? Es Kopi atau Kopi Panas

| Sabtu 14 Oct 2017 11:44 WIB | 1471




MATAKEPRI.COM, JakartaKopi sudah tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika tidak dikonsumsi berlebihan. Ada dua jenis orang yang menikmati kopi, yaitu kopi yang diseduh dengan air panas dan kopi yang diseduh dengan menggunakan tambahan es.

Samakah manfaatnya? Dikutip dari laman Health.com, profesor epidemiologi dan gizi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, Frank Hu, MD, PhD mengatakan bahwa suhu dalam pembuatan kopi tidak berpengaruh besar.

"Penambahan es ke dalam kopi tidak mengubah senyawa bioaktif di dalamnya," katanya.

Konsentrasi kafein dalam es kopi dan kopi panas tidak jauh berbeda. Hanya saja efek yang ditimbulkan kafein pada es kopi akan lebih cepat dibandingkan kopi panas.

"Es kopi bisa membuatmu lebih gelisah, dan bisa mengacaukan tidurmu," imbuh Hu.

Sementara itu, menurut profesor dari Universitas Boston dan penulis 'Nutrition & You', Joan Salge Blake, RD, tingkat keasaman pada es kopi lebih rendah daripada kopi panas.

"Ini akan lebih mudah untuk sistem pencernaan. Terutama bagi orang yang memiliki masalah penyakit mag atau lambung yang sensitif," jelas Blake.

Terlepas dari semua itu, keduanya tetap memiliki banyak manfaat, yaitu menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit neurodegeneratif, depresi, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Jadi, kamu tim es kopi atau kopi panas?

(detikhealth/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait