News, Ekonomi

Presiden Janji RI Akan Menjadi Negara Ekonomi Digital Terbesar di ASEAN

| Rabu 20 Sep 2017 14:42 WIB | 1149




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan membawa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada 2020. Untuk mewujudkannya, banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan.

Dalam pembukaan Indonesia Business Development Expo 2017 (IBDExpo), Jokowi mengaku akan terus melakukan deregulasi, terutama yang berkaitan dengan industri berbasis teknologi seperti strat up dan fintech.

"Strategi pemerintah apa? Pertama, keleluasaan untuk bereksperimentasi harus diberikan ke seluruh masyarakat, karena inovasi itu perlu eksperimen," kata Jokowi di Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (20/9/2017).

Ditegaskan Jokowi, industri start up merupakan satu klaster yeang memerlukan banyak bimbingan dan eksperimen sebelum mengeluarkan produk yang mampu diterima dan diaplikasikan di masyarakat. Untuk itu dirinya bejanji akan mempermudah pengembangan industri ini.

Saat ini diakuinya masih ada berbagai regulasi yang menghambat industri ini untuk bisa berlari kencang. Maka dari itu, dirinya akan melakukan beberapa pemangkasan perizinan dan persyaratan yang ada.

"Negara kita itu terlalu banyak aturan yang menyebabkan kita terjerat. Ini masih ada 42 ribu peraturan, dikit-dikit diatur, isinya hanya peraturan ini yang menghambat inovasi. Ini tuga saya menggempur peraturan, sehingga makin sedikit sehingga semakin lincah dalam berinovasi," tegasnya.(***/liputan6)




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait