News, Ekonomi

Video : "Kuda Delman Tetap Dicambuk Meski Kelelahan'

| Sabtu 02 Sep 2017 13:29 WIB | 3036




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan kuda delman yang tetap dicambuk meski kelelahan hingga terjatuh menjadi viral di media sosial. Perlakuan itu mendapat kecaman. 

Video berdurasi sekitar 1 menit itu memperlihatkan seekor kuda yang menarik delman di jalan yang sempit. Dia terkapar di jalan karena kelelahan. 

Meski demikian, seorang pria tetap menarik dan mencambuk kuda tersebut berkali-kali. Pria lain yang tidak terlihat di kamera memperingatkan bahwa kuda itu sudah lelah. 

"Tahan dulu, tahan dulu. Ngedrop dia," ucap pria itu. 

Seperti yang di lansir oleh detiknews, Peringatan tersebut dihiraukan. Ada pula yang ingin memberi minum ke kuda itu namun dilarang. Sekelompok pria lain lalu tetap menarik si kuda hingga berdiri. Peristiwa ini disebut terjadi di Depok. 

Perlakuan terhadap kuda delman ini mendapat kecaman dari pemerhati satwa. Garda Satwa Indonesia mengingatkan bahwa penyiksaan ke hewan bisa berujung sanksi keras.

"Hal-hal seperti ini yang membuat kami mendesak pemerintah untuk merevisi UU perlindungan satwa. Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi. Pelaku penyiksaan, penelantaran pada hewan, dapat terkena sanksi keras," tulis Garda Satwa Indonesia di akun Instagram-nya. 

Kecaman juga datang dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN). JAAN selama ini sudah berusaha mengedukasi kusir delman, namun peristiwa seperti di video itu masih terus terjadi.

"Kami mengecam tindakan ini dan sangat berharap pemerintah untuk MELARANG kuda andong/delman agar penderitaan ini berakhir!" tulisJAAN diakunInstagram.



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait