Tanjungpinang, Kesehatan

Gubernur Kepri Tandatangan Kerjasama Antara RSUD RAT dengan BLU-RSJPDHK

Juliadi | Rabu 01 Dec 2021 12:35 WIB | 1624

Gubernur Kepri/Wakil Gubernur
Kesehatan
RSUD/Rumah Sakit/Puskesmas



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad menegaskan, jika tidak ada aral melintang, mulai Fabruari atau Maret tahun 2022 operasi pemasangan ring jantung sudah bias dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raja Ahmad Thabib (RAT) KM.8 atas, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. 


Selain itu, selanjutnya mulai April 2022, RSUD RAT akan membuka pelayanan operasi penyakit dalam secara terbuka untuk 10 jenis penyakit dengan pelayanan operasi jantung yang diutamakan.


“Ini merupakan salah satu bentuk terobosan yang kita lakukan. Banyak sekali masyarakat yang mengeluh karena selama ini pasien penyakit jantung harus di rujuk ke Jakarta dan bahkan ada yang keluar negeri. Mereka keluar biaya akomodasi dan transportasi yang tidak sedikit, belum lagi biaya berobatnya. Dengan adanya pelayanan penyakit jantung di Rumah Sakit Ahmad Thabib ini semoga memudahkan masyarakat Kepri yang akan berobat,” kata Ansar, Selasa (30/11/2021).


Ansar juga mengatakan, untuk peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD RAT, terutama untuk penyakit jantung, hari ini telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Badan Layanan Umum Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (BLU-RSJPDHK) dengan RSUD RAT Provinsi Kepulauan Riau di Jakarta.


Menurut Ansar, kerja sama antara rumah sakit pusat rujukan nasional untuk penyakit jantung dan pembuluh darah dengan rumah sakit milik Pemprov Kepri ini meliputi Jejaring Rujukan Pelayanan, Pengembangan Layanan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Serta Penelitian di Bidang Jantung dan Pembuluh Darah.


Ansar juga berharap dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama ini maka pelayanan kesehatan jantung terpadu di Kepri dapat terwujud. Apalagi RSUD RAT saat ini merupakan Rumah Sakit Tipe B di regional 3 dan merupakan Rumah Sakit Rujukan bagi masyarakat Kepri. 



Share on Social Media