Batam, News, Pendidikan

Dari 116 SMP Negeri dan Swasta di Batam, 55 Sekolah Siap Mengikuti UNBK 2018

| Senin 12 Feb 2018 14:13 WIB | 2310



Ilustrasi UNBK (net)


MATAKEPRI.COM, Batam - Sebanyak 55 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari 116 SMP negeri dan swasta di Batam akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tahun 2018.

“Tujuh diantaranya itu sekolah negeri. SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6, SMPN 11, SMPN 12, dan SMPN 26. Tapi SMPN 2 masih menumpang di sekolah lain, di SMAN 2. Sedangkan yang lain mandiri,” papar Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin di Sekupang, Rabu (7/2).

Ia menambahkan bahwa jumlah pelaksana UNBK ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya diikuti 30-an sekolah. Tak hanya dari segi jumlah, peningkatan juga terjadi di sisi pelaksana mandiri. Seperti SMPN 3 yang sebelumnya menumpang di SMAN 1 dan SMPN 11 yang sebelumnya menumpang di SMKN 1, tahun ini sudah melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing.

Muslim mengatakan belum semua sekolah melaksanakan UNBK karena terkendala infrastruktur jaringan internet dan ketersediaan komputer. Karena syarat untuk melaksanakan UNBK mandiri adalah ketersediaan peralatan sebanyak minimal 30 persen dari jumlah siswa.

Pemerintah pusat, kata Muslim, menargetkan minimal 75 persen sekolah sudah menerapkan UNBK pada 2019 mendatang. Dan tentunya Batam juga akan berupaya untuk memenuhi target pusat tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Batam, Hernowo menyebutkan tahun ini terdapat 15.380 siswa SMP/MTs yang akan mengikuti UN.

“Untuk sekolah yang melaksanaan UNBK akan mengikuti simulasi pada 14-15 Februari ini. Di simulasi ini siswa akan diberikan tata cara pengerjaan soal UNBK dengan baik dan benar,” jelas Hernowo. (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait