Lingga, News, Pendidikan

Malam Nanti Akan Terjadi Peristiwa Langka "Gerhana Bulan Total" Khususnya di Kepri

| Rabu 31 Jan 2018 11:48 WIB | 1915




MATAKEPRI.COM, Lingga - Akan terjadi gerhana bulan total yang dapat diamati di Indonesia pada awal malam hingga pertengahan malam hari ini Rabu (31 Januari 2018).

 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, adapun definisi dari gerhana bulan total adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke bulan.

 

"Peristiwa ini hanya terjadi pada saat bulan purnama dan dapat diprediksi sebelumnya," kata dia ketika dihubungi media, Rabu (31/1/2018).

 

Dia menjelaskan, durasi dari fase totalitas, yaitu dari fase gerhana total mulai (U2) hingga gerhana total berakhir (U3), berlangsung selama 1jam 16,8 menit, dan durasi itu merupakan salah satu durasi totalitas terlama dalam abad ini.

 

"Wilayah Indonesia yang dapat mengamati keseluruhan proses gerhana bulan total adalah JawaTimur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NusaTenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua," ujarnya.

 

Sementara, untuk wilayah lainnya, dapat mengamati sebagian dari proses gerhana bulan total tersebut.

 

"Kalau dilihat berdasarkan peta pada press release, dari Lingga hanya gerhana mulai pukul 17.49,7 Wib dan gerhana dimulai sebagian pukul 18.48,1 Wib. Kita dari Kabupaten Lingga dapat melihat keseluruhan fase-fase tersebut, karena kita juga di daerah khatulistiwa," ujarnya.(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait