Batam, News, Ekonomi

Pembangunan Insfratuktur Dapat Tingkatkan Ekonomi Batam

Juliadi | Senin 10 Feb 2020 11:15 WIB | 3925



Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, hadiri Musrenbang Kelurahan Batumerah, Kecamatan Batuampar


MATAKEPRI.COM BATAM -- Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Batumerah, Kecamatan Batuampar.


Ia menjelaskan, 30% Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam digunakan untuk infrastruktur, perbaiki jalan yang berlubang dan perlebaran jalan-jalan utama.


"Jalan ini hanya salah satunya, disamping jalan juga ada infrastruktur lain yang kita bangun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, ” ujarnya, Minggu (8/2/2020). 


Menurutnya ini merupakan wujud visi Batam sebagai Bandar Dunia Madani dan  menjadikan Batam sebagai kota dunia maka fasilitas yang tersedia pun harus berstandar internasional.


Ia mengatakan, perbaikan jalan ini juga nantinya dapat meningkatkan perekonomian Kota Batam, seperti bangunan-bangunan ruko di sekitar jalan yang dilebarkan kini mempunya nilai jual lebih tinggi.


“Jalan diperbaiki harga ruko naik. Imbasnya ke peningkatan PBB, BPHTB. Jadi siapa bilang pelebaran jalan ini tak berkontribusi. Pariwisata tumbuh. Angka pertumbuhan ekonomi juga meningkat,” sebutnya.


Setelah sempat terjun bebas ke angka 2 persen, pertumbuhan ekonomi Batam mulai bangkit kembali. Tahun lalu angkanya sudah mencapai sekitar 4,7 persen. Dan tahun ini diprediksi dapat menyentuh angka 5 persen lebih.


Dikatakannya bahwa kewajiban lain tetap dijalankan, yakni pendidikan 20%, kesehatan 10 % dan 35 % belanja tidak langsung. (Adi) 



Share on Social Media