Batam, News

Lakukan Launching Pertama di Indonesia, Self Service Hadir di Rutan Batam

Agung | Senin 16 Sep 2019 12:58 WIB | 451

Pemko Batam
inspirasi
Menteri
Rutan


Memperkenalkan self Service dan menerangkan cara penggunaan nya kepada para WBP Rutan Kelas IIA Barelang. (Foto : Agung


MATAKEPRI.COM, Batam - Berikan inovasi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) untuk memberikan pelayanan kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang pada hari ini Senin (16/9) melakukan Launching Self Service pertama dari seluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di Indonesia.


Baca juga : Rasa Duka Mendalam, Rutan Batam juga Kibarkan Bendera Setengah Tiang


Self Service yang di merupakan bantuan langsung dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) kepada seluruh UPT pemasyarakatan yang ada di Indonesia menjadi salah satu inovasi yang di hadirkan untuk memberikan keterbukaan informasi di dalam rutan.


Kepala Rutan kelas IIA Batam, Robinson Peranginangin menerangkan bahwa alat Self Service yang berada di Rutan Batam ada sebanyak dua unit, atau satu pasang yang mana satu unit akan di peruntukan kepada para WBP dan satu unit sisanya untuk para keluarga yang membesuk untuk mengetahui informasi masa tahanan keluarganya.


Baca juga : Pesta Rakyat Rutan Batam, Seluruh WBP Berjoget Dengan Gembira


Robinson pun menjelaskan, bahwa alat ini bisa menampilkan seluruh informasi dari WBP, hanya dengan menggunakan sidik jari yang sebelumnya nya telah di lakukan perekaman kepada seluruh WBP yang ada di rutan Batam.


"Kalau untuk para keluarga, harus di lakukan pensingkronan untuk permulaan. Dan nanti nya bisa berjalan secara otomatis dan cepat," Ucap nya kepada matakepri.com saat ditemui di Rutan kelas IIA Batam pada saat perkenalan alat Self Service,bpafa Senin (16/9).


Baca juga : Suplai Air Terkendala, Para WBP di Rutan Batam Sangat Tersiksa


Informasi yang di suguhkan juga sangat lengkap, dari mulai biodata WBP, kasus yang dilakukan, masa pidana, hak remisi dan hak pengampunan lainnya juga di tampilkan.


Tentunya dengan kehadiran mesin ini di harapakan bisa mengoptimalkan pelayanan informasi kepada para WBP yang saat ini berjumlah 853 orang.


Baca juga : Gelar Tarian Kolosal, Rutan Sabet Rekor Muri Dengan 200 Ribu Lebih Peserta


"Kalau biasanya para WBP atau keluarga di berikan data secara manual, tapi setelah kehadiran alat ini, semua bisa lebih di mudah dan cepat, karena hanya perlu menempelkan salah satu jari tangan saja langsung keluar semua datanya," kata Robinson.


Inovasi ini juga bertujuan untuk meminimalisir terjadinya Pungli yang di sinyalir terjadi di area lembaga pemasyarakatan. Dan alat Self Service pun telah siap beroperasi, dan langsung di berikan petunjuk penggunaan kepada seluruh WBP yang ada.


Tak hanya itu, beberapa alat inovasi untuk pelayanan para WBP juga telah hadir di Rutan kelas IIA Batam, hanya saja untuk pengoperasian nya masih menunggu instruksi dari pusat.


Baca juga : Kondisi Tak Jadi Penghalang, Warga Binaan Rutan Ikut Berkurban Tahun Ini


Lebih kurang ada 16 pcs alat pelayanan, diantaranya ada juga Alat Vidio call yang di peruntukan untuk para WBP yang keluarganya berada di luar kota.


"Kalau untuk keluarga yang berada di Batam kita wajibkan untuk hadir ke rutan agar bisa bertemu langsung dengan keluarga nya," Pungkasnya.