International, Nasional , News, Kesehatan

Direktur Rumah Sakit Wuchang di Wuhan Tewas Karena Corona

| Rabu 19 Feb 2020 12:54 WIB | 2498



Direktur Rumah Sakit Wuchang. (Ist)


MATAKEPRI.COM JAKARTA -- Direktur Rumah Sakit Wuchang di Wuhan, Liu Zhiming, meninggal karena virus Corona pada Selasa pagi.


Dikutip dari CNN, 18 Februari 2020, Komisi Kesehatan Wuhan mengatakan Liu adalah ahli bedah saraf dan direktur rumah sakit pertama yang meninggal karena virus Corona sejak dimulai pada akhir 2019.


Liu Zhiming, direktur Rumah Sakit Wuhan Wuchang, meninggal pada pukul 10.30 pagi, menurut Reuters.


Awal bulan ini, jutaan orang di Cina berduka atas kematian Li Wenliang, seorang dokter yang sebelumnya ditegur otoritas karena mengeluarkan peringatan dini tentang virus Corona.


Puluhan ribu pekerja medis telah berjuang untuk menahan penyebaran virus corona, yang diyakini pertama kali muncul di pasar makanan laut di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei.




Seperti dalam kasus kematian Li, ada kebingungan di internet Cina tentang kondisi Liu pada Senin malam.


Pada Senin malam, departemen propaganda Partai Komunis Cina dari Komisi Kesehatan Hubei menulis di media sosial bahwa Liu telah meninggal.


Tetapi dikatakan dalam unggahan berikutnya bahwa Liu masih hidup.


"Menurut kerabat Liu, rumah sakit masih berusaha yang terbaik untuk menyelamatkannya," kata komisi pada unggahan kedua, menambahkan bahwa informasi yang salah sebelumnya adalah dari teman baik Liu yang tidak mengetahui situasi terkini.


Komisi kesehatan belum mengunggah pesan apa pun sejak televisi pemerintah mengumumkan kematian Liu pada Selasa pagi.


Beijing dituduh menutupi sepenuhnya wabah Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) pada tahun 2003. Dalam wabah virus Corona saat ini, Beijing telah menyerukan transparansi.


Seorang pejabat senior kesehatan Cina mengatakan pada hari Jumat bahwa 1.716 petugas kesehatan telah terinfeksi oleh virus Corona dan enam dari mereka telah meninggal.



(***)

Sumber Tempo



Share on Social Media