Batam, News, Ekonomi

Pengungsi : Apakah Kami Tak di Anggap Oleh Pemko Batam ?

Agung | Selasa 17 Sep 2019 16:36 WIB | 205

Bencana
Kemanusiaan
Pemko Batam
Kebakaran


Suasana di posko pengungsian korban kebakaran Ruli Danau Merah. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - Sepekan telah berlalu dari musibah kebakaran yang menghanguskan seluruh harta benda para masyarakat Ruli Danau Merah yang berlokasi di RT 03/RW 26 Kelurahan Buliang, kecamatan Batuaji, pada kamis (12/9) lalu, hingga kini masih terus menyisakan kisah pilu bagi para korban nya.


Meskipun telah terjadi sepekan lalu, namun hingga kini pihak pemerintah kota Batam masih kurang memperhatikan para korban kebakaran tersebut. Hal tersebut di sampaikan oleh  para pengungsi kebakaran di Ruli Danau Merah.


Baca juga : Toilet Umum Tak Tersedia Setelah Tiga Hari Pasca Kebakaran


Ketua posko pengungsian korban kebakaran Ruli Danau Merah, mengatakan hingga kini mereka belum juga menerima toilet umum (Portabel) dari pemerintah kota Batam yang tentunya hal tersebut menjadi salah satu hal yang di butuhkan oleh para pengungsi.


Bukan tidak meminta, tapi tiap kali ada kesempatan berbicara kepada perangkat desa, para pengungsi juga telah menyampaikan hal tersebut, yang menjadi salah satu keluhan mereka saat ini.


"Sejak hari kedua pasca kebakaran itu, kami langsung meminta kepada Dinsos, Camat Batuaji serta Lurah Buliang untuk segera di dirikan toilet umum(Portabel)," Ucapnya saat di temui kembali oleh pewarta pada selasa (17/9) sore ini.


Baca juga : Berikan Bantuan Kepada Korban Bencana, Sebagai Bentuk Solidaritas


Namun, permintaan para pengungsi mungkin hanya seperti angin lalu, yang tak perlu di hiraukan. Karena, hingga berita ini di terbitkan, Matakepri.com tidak melihat ada toilet umum (portabel) yang berdirinya di area posko pengungsian.


"Kalau dari salah satu  dinas yang sempat ke lokasi pernah bilang, bahwa toilet umum (Portabel) yang mereka miliki satu unit udah rusak, dan satu unit lagi masih di pakai di korban bencana juga," jelas nya.


Ditempat terpisah, Camat Batuaji, saat di konfirmasi mengenai hal tersebut mengatakan akan melakukan kroscek terlebih dahulu ke Dinas Lingkungan Hidup, karena itu merupakan wewenang mereka.


Baca juga : Ini Permintaan Korban Kebakaran Kepada Pemko Batam


"Nanti akan kita tanya dulu ke DLH," Ucap nya singkat saat di hubungi Matakepri.com melalui saluran telfon pada Selasa (17/9).


Sementara itu, Kepala Bidang Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Batam, Faisal Novrieco saat di konfirmasi mengenai ketersediaan toilet umum (Portabel), dirinya menjawab bahwa DLH Batam hanya memiliki Tiga unit toilet umum.


Baca juga : Kepulan Asap Hitam Membubung Tinggi, Puluhan Rumah Terbakar di Ruli Danau Merah


"Dari Tiga unit toilet yang kita miliki, satu unit telah rusak, sementara 2 unit lainnya hingga saat ini masih digunakan," Ucap nya beberapa waktu lalu.


Dari pantauan matakepri.com saat di lapangan, saat ini dapur umum dari dinsos pun telah di bawa dan para warga langsung mendirikan dapur umum dari material seadanya. (AM)