Batam, News, Ekonomi

Ini Alasan Perusahaan Merekrut Karyawan Dari Luar Daerah Batam

| Rabu 24 Jul 2019 15:16 WIB | 3025

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kawasan Industri
Menteri/Wamen


Para pencaker di Kawasan MPH Batamindo. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - Seperti yang di beritakan di oleh Madiuntoday pada Selasa  (23/7) kemarin, bahwa Disnaker kota maduin kembali mengadakan pelatihan kerja untuk para pencaker untuk bisa bekerja di batam, tentunya menimbulkan beberapa pertanyaan dari kalangan pencaker yang ada di kota Batam sendiri.


Tercatat oleh Disnaker, sejak awal tahun hingga akhir Juni lalu, lebih dari 36.000 kartu kuning telah di kelurahan oleh Disnaker kota Batam, baik untuk warga yang berdomisili di Batam atau yang domisi luar Batam.


Baca juga : Kurangi pengangguran di Madiun, Disnaker Gelar Seleksi Kerja Ke Batam


Afrizon selaku Kasi informasi Pasar kerja (IPK) Disnaker kota Batam mengatakan yang menjadi alasan utama perusahaan melakukan perekrutan karyawan dari luar Batam adalah tidak tersedia nya skil pencaker yang di butuhkan oleh pihak perusahaan Tersebut di kota Batam.


"Meskipun demikian, kita selalu tekankan kepada pihak penyaluran, untuk menggunakan pekerja Antar Kerja Lokal (AKL) supaya warga kitankitabtidakbada yang menjadi pengangguran," ucapnya.


Namun Afrizon melanjutkan, apabila AKL tidak bisa mencukupi, maka kita setujui jika ada perusahaan yang mengajukan Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) namun dengan kuota yang kita batasi.


"Kita juga melihat permintaan dari perusahaan (jobs Order), dan setelah kita teliti, dan memang dirasa tidak mencukupi ya kita lakukan persetujuan," kata Afrizon.


Disnaker juga tidak bisa memaksa pihak perusahaan untuk menggunakan pekerja lokal, karena hal tersebut telah bdi atur dalam Peraturan Rekrutmen Baru, yang mana pihak perusahaan bisa melakukan rekrutmen karyawan nya sendiri.


"Namun pada dasar nya, kita selalu mengutamakan AKL, supaya mereka bisa bekerja. Apabila mereka kurang keahlian, kita lakukan pelatihan," pungkasnya. (AM)



Share on Social Media