Batam

Danlantamal IV Tinjau Personil TNI AL Posal Nipah Sebagai Garda Terdepan Penjaga NKRI

Juliadi | Kamis 13 Jun 2024 22:58 WIB | 218

AD/AL/AU



Matakepri.com, Batam -- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV diwakili oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal IV  Kolonel Laut (P) Khalimul Khakim, M.Han beserta Tim Wasevops  Ban II Sopsal laksanakan Pembekalan tentang penekanan Asops Kasal, update aturan dan kebijakan terkait Operasi di Pos Angkatan Laut (POSAL) Pulau Nipah, Kamis (13/6/2024).


Dalam kunjunganya ke Posal Nipah, Asops Danlantamal IV bersama Pabandya Opssus Ban II Ops Sopsal dan Pabanda Gakkumla Ban II Ops Sopsal juga melakukan pengecekkan kesiapan Personil maupun Materil. 


Karena Posal Nipah merupakan lokasi yang berdekatan langsung dengan negara Singapura yang merupakan wilayah Zona Ekonomi Eklusif (ZEE) dan memang merupakan jalur perdagangan selat Singapura serta menjadi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I yang memungkinkan terjadinya tindak pidana dilaut apabila tidak terjaga dengan baik.


Lebih lanjut dikatakan oleh Asops, bahwa dirinya bersama dengan personel dari Sopsal untuk memberikan pemahaman dan mengingat kembali prosedur pemeriksaan pengamanan jika ada indikasi terjadi kejahatan di wilayah hukum Lantamal IV dalam hal ini Posal Pulau Nipah.


Di tempat terpisah, Danlantamal IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto juga menyampaikan agar Posal Pulau Nipah selalu berkoordinasi dengan baik dengan Pengamanan Perbatasan Pulau Terluar (Pamtas puter) agar selalu mengecek kondisi materil dan melaksanakan serah terima satgas puter ke satgas selanjutnya dengan baik dan detail. 


Redaktur : ZB



Share on Social Media