Tanjungpinang

Koarmada I Gelar Bhaksos dan Bhakkes TNI-Polri Untuk Negeri

Juliadi | Sabtu 26 Aug 2023 19:39 WIB | 2927

Bakti Sosial/Bantuan Sosial
AD/AL/AU


Bhaksos Koarmada I, Sabtu (26/8/2023)


MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Komando Armada (Koarmada) I menggelar Bhakti Sosial (Bhaksos) dan Bhakti Kesehatan (Bhakkes) TNI-Polri untuk Negeri dalam rangka memperingati 34 tahun pengabdian Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) Angkatan 1989 (ALTAR 89), bertempat di Kampung Bugis, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, yang merupakan Kampung Bahari Nusantara Koarmada I, Sabtu (26/8/2023).


Acara yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia ini terpusat di Tasikmalaya, yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 


Sedangkan acara yang berlangsung di Tanjungpinang dipimpin langsung oleh Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono, yang didampinagi oleh Kaskoarmada I, Laksamana Pertama TNI Sawa, serta Para Pejabat utama dan para Kapala satuan kerja Koarmada I.


Rangkaian kegiatan Bhaksos dan Bhakkes TNI-Polri untuk Negeri dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain, pemberian Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kepada masyarakat pesisir dan lansia di wilayah Kampung Bugis dengan jumlah 200 paket Sembako. Selain itu juga dilaksanakan Bhakti Kesehatan yang berupa pelayanan kesehatan umum dan kesehatan gigi.


Selain di Kampung Bugis, Tanjungpinang, Koarmada I juga menggelar acara yang sama di dua tempat lainnya yaitu, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV yang berlokasi di Lapangan Futsal Batu Aji Sagulung, Batam, dengan sasaran terhadap warga kurang mampu dan lansia, serta pelayanan kesehatan pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk 250 orang.


 Berikutnya dilaksanakan Pangkalan TNI AL (Lanal) Bintan yang bertempat di Balai Desa Kuala Sempang Kec. Sri Kuala Lobam, Kab. Bintan. Dimana sasaran Bhaksos untuk warga kurang mampu dan manula serta Bhakti Kesehatan berupa pelayanan pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk 100 orang.


 Sementara kepada awak media, Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono, menjelaskan bahwa kegiatan Bhaksos dan Bhakkes ini dilaksanakan dalam rangka 34 Tahun pengabdian Akabri 1989.


"sekaligus ini juga merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 10 September. Kegiatan seperti ini sudah dilakukan juga sebelumnya, yang berupa Bhakti Kesehatan dengan menggelar Sunatan Massal di Kampung Bugis ini," ujarnya.


Ditambahkannya juga bahwa, TNI AL melaksanakan Bhakti Sosial dan Bhakti Kesehatan di Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang dimiliki oleh seluruh Kotama TNI AL, yang memiliki Lima Cluster dari KBN yaitu, Cluster Pertahanan, Ekonomi, Pendidikan, Pariwisata dan Cluster Kesehatan. Inilah yang menjadi salah satu bentuk pembinaan bagi Kotama TNI AL. 


 Laksamana muda TNI Achmad Wibisono juga menyampaikan bahwa di KBN Kampung Bugis terdapat Tiga anak yang mengalami _Stunting_, untuk itu Pangkoarmada I akan menjadi Orang Tua Asuh dan akan memberikan Beasiswa bagi ke-Tiga anak tersebut.


Disampaikan juga oleh Pangkoarmada I, tentang dipilihnya KBN karena kampung tersebut memiliki Lima Cluster yang membutuhkan perhatian dan menjadi prioritas. 


“Kami akan membantu sesuai kemampuan yang dimiliki dan tentunya juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota dan Provinsi,” tandasnya. (***) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media