Pojok Opini & Puisi, Batam, News

Mahasiswa/i UIB Ikut Serta bersama Bawaslu dalam Melakukan Pencocokan Data di Sagulung

Riki | Rabu 09 Aug 2023 15:38 WIB | 722



Foto bersama Kelompok Suku Sasak 3 dan CoFas di Kelurahan Sagulung (Foto: VC)



MATAKEPRI.COM, BATAM - Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Sagulung, Batam pada 4 – 5 Maret 2023, mahasiswa/i UIB bersama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Bawaslu melakukan pencocokan data dan penelitian lapangan (coklit) untuk persiapan Pemilu 2024.

Mahasiswa/i diarahkan untuk ikut serta membantu pihak pemerintah dalam menjangkau akan informasi yang diperlukan sebelum Pemilu 2024 dilaksanakan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan data akurat terkait jumlah, karakteristik, dan pendistribusian penduduk suatu wilayah. Data ini akan digunakan oleh pemerintah dan lembaga terkait untuk perencanaan pembanguann, pengambilan keputusan, pengalokasian sumber daya, serta pelaksanaan program-program sosial.

Sesi Pembukaan Penurunan 1000 Mahasiswa Pemantau Pemilu (Foto: VC

Mahasiswa/i berkumpul di Universitas Internasional Batam pada pukul 08.30 WIB kemudian diarahkan menuju lokasi kegiatan pemantauan pemilu, yaitu Kelurahan Sagulung. Sebanyak 14 mahasiswa/i ikut serta dalam membantu pihak pemerintah dalam menanggulangi kesalahan serta membantu meminimalisir ketidakcocokan data yang diberikan masyarakat dengan cara memberikan beberapa pertanyaan secara langsung terkait data masyarakat, seperti data anggota keluarga yang telah meninggal dunia, anggota keluarga yang menjadi anggota TNI/POLRI, serta anggota keluarga yang akan berusia 17 tahun.

Berfoto bersama warga. (Foto: VC)

Dari data-data tersebut mahasiswa/i akan mencatatnya dalam google form yang telah diberikan oleh Bawaslu beserta foto stiker coklit yang ditempel di rumah warga dan foto dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan pemantauan ini.

Berfoto bersama warga. (Foto: VC)

Mahasiswa/i kemudian diminta untuk membuat video dokumentasi selama melakukan kegaitan pengabdian masyarakat di Kelurahan Sagulung, Batam. Berikut link youtube dokumentasi kelompok Suku Sasak 3. https://youtu.be/7CQvmgV482w

Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan manfaat bagi warga setempat dan para pembaca, serta mengajak para pembaca untuk dapat berkontribusi dalam Pemilu 2024. riki/vc



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait