Batam

Perkuat Kerjasama, TNI AL dan TLDM Bertemu di Batam

Juliadi | Jumat 17 Mar 2023 09:48 WIB | 509

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


TNI AL befoto bersama TLDM, Kamis (16/3/2023). Foto: Istimewah


MATAKEPRI.COM BATAM --  Kerjasama antar TNI Angkatan Laut (AL) dan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) terus berkesinambungan guna menjaga kemanan perairan wilayah laut serumpun Indonesia dengan Malaysia.


Hubungan kerjasama yang salah satunya telah berjalan dari tahun ke tahun yaitu Patroli Terkoordinasi Malaysia Indonesia (Patkor) telah terbukti membawa hubungan antar negara Indonesia dan Malaysia sebagai Negara serumpun menjadi semakin harmonis.


Tahun 2023 TPOL Tim Perancang Operasi Laut Malaysia Indonesia (Malindo) melaksanakan sidang atau rapat secara bersama yang dipimpin Ketua Delegasi TPOL Indonesia Laksamana Pertama (Laksma) TNI Retiono Kunto Dan Ketua Delegasi TPOL Malaysia Laksamana Pertama Fadhil bin Abdul Rahman bertempat di salah satu Hotel di Batam, Kamis, (16/3/2023).


Waasops Kasal sebagai Ketua Delegasi TPOL Indonesia dalam amanatnya menyampaikan "Pelaksanaan Patkor Malindo ke 159 di perairan Selat Malaka ini semakin baik dari waktu ke waktu, hal itu dibuktikan dengan semakin baiknya koordinasi antar angkatan laut Kedua Negara". Ujarnya.


Waasops Kasal juga menyebutkan selain aktifitas Patkor Malindo, TPOL juga telah berhasil malaksanakan arahan ketua Coordinated Operation Control Comitee (COCC) ke 70 yang dilaksanakan pada (19/1/2023) lalu di Jakarta.


Lantamal IV Batam yang memiliki wilayah kerja berbatasan langsung dengan Malaysia menjadi tuan rumah terselenggaranya rapat TPOL ke-46 tersebut. Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama Kemas M Ikhwan Madani, S.Sos.,M.Si menyampaikan akan mendukung penuh diplomasi pertahanan selama berkegiatan di Batam dan akan menggerakan unsur satuan dibawah Lantamal IV untuk mensukseskan kegiatan itu.


"Selain membawa kebaikan bagi Negara, forum ini membuka peluang khususnya bagi Angkatan Laut tiap Negara dalam menjalin hubungan, bahkan ini juga bisa menjadi Momentum Benchmark antar Angkatan Laut," ucap Danlantamal IV. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media