Batam, Pendidikan

Uniba Gelar Seminar Nasional Kearifan Lokal dan Kemaritiman

Juliadi | Kamis 26 Jan 2023 15:48 WIB | 777

Perguruan Tinggi/Sekolah
Pendidikan


Para narasumber dan peserta seminar, Kamis (26/1/2023). Foto: Agus


MATAKEPRI.COM BATAM -- Universitas Batam (Uniba) menggelar kegiatan Seminar Nasional Tentang Kearifan Lokal dan Kemaritiman yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Magister Perencanaan Wilayah Fakultas Teknik Universitas Batam,dengan pelaksanaan dibagi dua yaitu secara langsung dan Daring di kampus Uniba, Kamis (26/1/2023).


Seminar Nasional yang mengadakan sejumlah universitas yang ada di wilayah kepri maupun di luar provinsi kepri,adapun topik utama yang diangkat dalam seminar hari ini adalah "Membangun Struktur Ruang dan Pola Ruang di Kepulauan Riau dengan menghadirkan Kearifan Lokal yang mendukung Poros Maritim Indonesia".


Seminar Nasional dibuka oleh Rektor Uniba yakni Profesor Yuliansyah., MSA, Ph.D,Akt, CA yang sekaligus memberikan sambutan yang luar biasa dan apresiasi atas pelukan panitia pelaksana seminar dengan mengangkat kearifan lokal guna menata pembangunan provinsi Kepri di masa depan yang lebih baik lagi .


Disela seminar yang sedang berlangsung Kepala LPPM Uniba Malahayati Rusli Bintang, BSc., MPH menyampaikan, bahwa potensi kearifan lokal dan kemaritiman yang dimiliki Provinsi Kepri ini cukup luar biasa dan belum tergali dengan optimal.


Disini akan dipaparkan faktor penanganan penghambat dan mempertahankan faktor kekuatan yang akan sepenuhnya mewujudkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Lebih lanjut dikatakan, poros kemaritiman merupakan gagasan operasional yang dapat diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta keamanan maritim.


“Mewujudkan strategi Membangun Struktur Ruang Dan Pola Ruang Di Kepulauan Riau Dengan mewujudkan Kearifan Lokal mendukung Poros Maritim Indonesia adalah komitmen dalam menjaga dan mengelola sumber daya laut.Kepulauan Riau sebagai poros maritim yang besar, kuat dan makmur untuk kedepannya, dan menciptakan pemerataan ekonomi masyarakat, ujar Malahayati Rusli Bintang.


Lanjut disampaikan Malahayati, secara mendalam ditingkat nasional, Magister Perencanaan Wilayah Fakultas Teknik Universitas Batam diharapkan mampu berperan serta berperan aktif dalam meningkatkan dan mendukung kapasitas maupun kapabilitas dalam bidang penelitian dan karya ilmiah unggul bertaraf Nasional.


“Melalui wadah ini diharapkan dapat menjadi jembatan dan tempat berbagi bagi para narasumber, peneliti, dosen, mahasiswa terkait bidang perencanaan wilayah serta pemangku kepentingan lainnya agar bersama-sama dapat mensinergiskan keilmuan dengan kebutuhan, kehidupan masyarakat 
Kepulauan Riau dan lingkungan maritim lebih baik," jelasnya.


Salah satu narasumber pada seminar Nasional kali ini adalah Bupati Kabupaten Bintan Robby Kurniawan.


Menurutnya, tata ruang Provinsi Kepri yang dinilai sangat produktif dengan memperhatikan daya lingkungan diharapkan potensi tersebut bisa dioptimalkan.


Ia menyambut baik adanya seminar seperti ini terlebih seminar kesulitan yang diadakan secara nasional.Oleh sebab itu Provinsi Kepri yang sebagian besar wilayahnya adalah laut. Maka optimalisasi sumber daya kekeliruan demi kesejahteraan masyarakat menjadi salah satu perhatian khusus.


“Saat ini, Kabupaten Bintan konsisten untuk pembangunan tempat pelelangan ikan, tentunya dukungan dari instansi terkait dan pusat pemerintahan, sangat kami perlukan, karena sebagian besar hasil perikanan di Kepri berasal dari Bintan,” ujar Robby.


Hal senadah juga disampaikan oleh moderator dalam acara Seminar Nasional tersebut, Dr. Ir.Yuanita FD Sidabutar, ST., M.Si sangat berterima kasih atas pencerahan yang diberikan sejumlah narasumber dari kalangan birokrat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yakni, Mochammad Firman Hidayat selaku pelaksana tugas Deputi bidang koordinasi sumber daya maritim dan Ketua Ruang Urban Indonesia, Dr. Alfano Priyandes, ST., M.Si.


Acara seminar nasional Kearifan lokal dan kemaritiman ini merupakan wujud implementasi dari Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM), Magister Perencanaan Wilayah Universitas Batam yang bekerjasama dengan Ikatan Ahli Perencanaan Kepulauan Riau, Ruang Urban Indonesia dan Universitas Agung Podomoro Jakarta. (Agus)


Redaktur: ZB



Share on Social Media