Bintan

Tradisi Gerbang Pora Pelepasan AKBP Tidar Wulung Dahono

Juliadi | Minggu 22 Jan 2023 18:34 WIB | 77

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Pelepasan AKBP Tidar Wulung Dahono di Mapolres Bintan, Sabtu (21/1/2023). Foto: Humas Polres Bintan


MATAKEPRI.COM BINTAN -- Personil Kepolisian Resor (Polres) Bintan menggelar upacara penangkapan Kapolres Bintan lama, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Tidar Wulung Dahono, SH, SIK., MH di mapolres Bintan dengan linangan dan tetesan air mata, baik airmata personil maupun air mata AKBP Tidar sendiri, Sabtu (21/1/2023).


Pelepasanan AKBP Tidar Wulung Dahono, SH, SIK., MH dipimpin langsung oleh Kapolres Bintan baru AKBP Riky Iswoyo, SIK., MM di dampingi oleh Wakapolres Bintan Komisaris polisi (Kompol) M. Tahang, S.Ag, serta seluruh personel Polres Bintan.


Kepada MataKepri.com, Wakapolres Bintan, Kompol M. Tahang mengatakan, AKBP Tidar Wulung Dahono menjabat Kapolres Bintan selama 17 bulan.


"Selam memunculkan banyak kenangan kami bersama beliau, baik tentang kedinasan maupun masalah silaturrahmi beliau selalu menjadi contoh dan menjadi panutan kami selama Polres Bintan berada dibawah kendalinya," ungkap M. Tahang.


Lebih lanjut dikatakan, selam AKBP Tidar Wulung Dahono membedakan ada 3 hal yang sangat berkesan bagi mereka yang disebutnya dengan 3T yaitu Tertib Administrasi, Tertib Operasional dan Tertib Anggaran. 


"Hal tersebut merupakan tolok ukur kedinasaan dan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, itulah hal yang sangat krusial di masa kepemimpinan beliau yang harus dilaksanakan," jelas M. Tahang.

 

Menentang, menolak AKBP Tidar Wulung Dahono dan Ny. Nunun Tidar dari Polres Bintan dilakukan dengan tradisi Gerbang Pora yang dimulai dari Loby mako Polres Bintan, kemudian sepanjang jalan menuju kendaraan yang digunakan oleh AKBP Tidar Wulung Dahono barisan personel Polres Bintan, mulai dari Pejabat Utama, Kapolsek dan personel Polres dan Polsek meledakkan rapi untuk melepas kepergian AKBP Tidar meninggalkan mako Polres Bintan. 


Dikatakanya juga, di sinlah tambah kesediahan baik dari personel Polres Bintan maupun AKBP Tidar Wulung Dahono dan istrinya, saat bersalaman tampak derai dan tetesan airmata dari personel dan AKBP Tidar Wulung Dahono dan istrinya, bahkan sempat beberapa kali AKBP Tidar Wulung Dahono mengusap airmatanya dengan menggunakan sapu tangan yang selalu dibawanya.


“Kami mendo'akan semoga AKBP Tidar Wulung Dahono beserta keluarga selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa, semoga sukses di tempat yang baru sebagai Kabag Bekum Rolog Polda Kepri, semoga kenangan selama beliau memimpin di Polres Bintan menjadi pelajaran dan pengalaman yang berharga bagi kami semua ,” tutup M. Tahang. (Adi)


Redaktur: ZB