Anambas, Ekonomi, Pendidikan

Optimalkan BUMD, Uniba dan Umrah Sambangi Pemerintah Kabupaten Anambas

Egi | Selasa 10 Jan 2023 10:31 WIB | 150

Perguruan Tinggi/Sekolah
Lingkungan Hidup
Bupati/Wakil Bupati


Foto bersama saat pembahasan BUMD Kabupaten Anambas Senin(9/1/2023) foto humas Uniba


MATAKEPRI. COM ANAMBAS -- Universitas Batam dan Universitas Maritim Raja Ali Haji mengadakan Pengabdian Masyarakat secara bersama dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Anambas, Selasa (10/1/2023). 


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berlangsung selama 2 hari kedepan, penyelenggaraan ini merupakan komitmen bersama dari 3 institusi penting tersebut agar terciptanya tridhama perguruan tinggi dan guna mendorong pengambilan kebijakan yang berdampak di masyarakat.


Hadir dalam acara tersebut pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Anambas, Sekda Kabupaten Anambas, Ketua LAM dan SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Anambas.


Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemerintah kabupaten Anambas, sebab menurutnya percepatan pembangunan daerah butuh sentuhan dan masukan dari kalangan akademisi, dan skala prioritas dari visi misi kita sesegera mungkin mendorong pengembangan daerah Terdepan, Terpencil dan Tinggal. 


"Kedepan pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan fokus pada pelayanan dan juga pengembangan sektor di bidang usaha dengan mengoptimalkan BUMD sebagai komitmen untuk masyarakat diwilayah pesisir," ujar Abdul Haris pada Senin (9/1/2023). 


Tema pengabdian masyarakat yang diusung "Implementasi Tata Kelola BUMD Sebagai Upaya Pengembangan Perekonomian Daerah" dengan 3 orang Akademisi yakni Dr Suryadi MH dan Achmad Uzaimi S.E., M.Si. Akt dari UMRAH dan Dekan Fakultas Hukum UNIBA Dr Fadlan, S.H.,M.H.


Dr Suryadi MH Ketua Tim mengatakan, hadirnya BUMD adalah dalam rangka untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat dan sebagai bagian upaya untuk meningkatkan pendapat asli daerah, sehingga segala kebutuhan masyarakat dapat di penuhi oleh pemerintah yang pada gilirannya kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.


"Maka hadirnya PP 54 tahun 2007 tentang tata BUMD adalah regulasi yang sangat strategis guna mendukung peningkatan kesejahteraan di masyarakat," kata Suryadi. 


Ditempat yang sama, Achmad Uzaimi mengatakan ditengah perkembangan bisnis hari ini tidak terkecuali dalam hal pengelola perusahaan daerah semestinya mempertimbangkan kriteria kesederhanaan cara pandang, langkah yang terukur, bisa mencapai tujuan organisasi, basis yang kuat serta target waktu.


"Sebuah perusahaan daerah jika dibandingkan dengan bentuk usaha lain berbeda sebab memiliki legal standing yang kuat, seperti Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Daerah, " kata Achamd Uzaimi


Terpisah Dekan Fakultas Hukum UNIBA Dr Fadlan diakhir acara menyampaikan tentang pentingnya pemanfaat BUMD oleh Daerah, sebab BUMD merupakan salah satu subsistem dari Pemerintah Daerah yang diperuntukkan guna mendorong daerah guna meningkatkan kemampuan dan kekuatan potensi yang di milik.


"Kita semua mengetahui bahwa kondisi Kabupaten Anambas seperti apa, terdapat banyak pekerjaan rumah yang harus dibereskan secara bersama-sama dan kami menilai tidak seharusnya beban itu ditanggung pemerintah berserta jajarannya," kata Fadlan. 


"Maka dari itu kita mendorong agar BUMD milik Kabupaten Anambas bisa bergerak cepat, tepat dan bermanfaat kedepannya," sambungnya (Egi) 


Redaktur: ZB