Batam

Wali Kota Open Diikuti Pesilat Tiga Negara

Juliadi | Selasa 20 Dec 2022 18:27 WIB | 795

KONI/KORMI


Ketua IPSI Kota Batam yang juga anggota DPRD Kota Batam, Hendrik, Selasa (20/12/2022). Foto : Adi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Wali Kota Batam Open diikuti oleh beberapa pesilat Indonesia dan dari tiga negara bertempat di Hi Test Arena Golden Land, Jalan Simpang Kara, Taman Baloi, Kota Batam, Senin-Minggu (19-25/12/2022).


Ketua Ikatan Pesilat Indonesia (IPSI) Kota Batam yang juga anggota DPRD Kota Batam, Hendrik disela-sela kegiatan kepada MataKepri.com, Selasa (20/12/2022) mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan menjalin silahturahmi antar Negara serta juga membangkitkan ekonomi Kota Batam.


"Kegiatan ini diikuti oleh Kontingen dari Kepri serta daerah lain dan beberapa negara," ucap Hendri.


Presiden federasi pencak silat Asian yang juga manajer tim pencak silat Singapura Dato'  Sheik Alauddin Yacoob Marican dan Panitia pelaksana Dewi Rachmawati, Selasa (20/12/2022). Foto: Adi



Ditempat terpisah, Panitia, Rachmawati mengatakan, kegiatan kegiatan ini ada 34 Kontingen dan tiga Negara yakni Indonesia, Singapura dan Jepang.


"Katagori dari usia pra dini, dini pra remaja, remaja dan dewasa. Kami bertemakan dari olahraga untuk ekonomi Batam yang lebih naik dan lebih baik," ungkapnya.


"Untuk peserta dari Jepang besok baru datang, hari Ini baru Singapura," ucapnya.


Lanjut dikatakannya, untuk program tahun 2024 akan ada Piala Presiden yang akan digelar di Batam.


"Piala Presiden yang pasti akan diikuti 34 Negara, mungkin pada tahun depan Wali Kota Batam Open diikuti banyak Negara," ujarnya.


"Sebenarnya Malaysia juga daftar, tapi ada insiden, jadi tidak jadi begitu juga dengan Australia, karena belum ada yang divaksin," tuturnya.


Menurutnya, persiapan ini hanya dua bulan saja, akan tetapi sudah terlaksana dengan baik dan lancar.


"Alhamdulillah untuk Opening sukses," ucapnya.


Ditempat yang sama, Presiden federasi pencak silat Asian yang juga manajer tim pencak silat Singapura Dato'  Sheik Alauddin Yacoob Marican menambahkan, kegiatan ini baru pertama kali Singapura ikut.


"Pesilat Singapura tidak berhenti latihan, karena terus ada pertandingan dunia. Jadi anak-anak di Singapura latihan terus disemua peringkat, fasilitas yang kita sediakan Profesional," ungkap Sheik.


Lanjut dikatakannya, karena fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah Singapura lengkap, karena ini bukan untuk jangka pendek, akan tetapi untuk jangka panjang.


"Latihannya dari hati Senin sampai hari Sabtu, hari Minggu kita Istirahat, tapi kalau ada pertandingan mereka harus ikut," jelasnya.


"Sebelum Wali Kota Batam Open Ini, kita ikut juga WJKC2," ucapnya.


Dikatakan Sheik juga, Presiden Federasi Pencak Silat Dunia, Prabowo Subianto, sedang berupaya bisa memasuki Cabang silat pada Olimpiade di Paris mendatang. (Adi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media