Batam, News, Kepri

Antisipasi Lonjakan Nataru 2023, Imigrasi Batam Naikkan Kuota Permohonan Paspor

Egi | Kamis 15 Dec 2022 10:36 WIB | 368

Imigrasi


Kepala Bidang Dokjalintal Keimigrasian Mohamad Taufik Sulaeman, Kamis (15/12/2022)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Menjelang libur Hari Raya Natal dan tahun baru 2023, tingkat mobilitas masyarakat yang berpergian ke luar negeri diprediksi akan terus meningkat.


Hal tersebut juga akan berpengaruh kepada penerbitan Paspor Republik Indonesia yang diprediksi akan terus meningkat hingga akhir Desember 2022. 


Mengantisipasi Hal Tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam melakukan beberapa langkah guna mengantisipasi kenaikan jumlah pemohon Paspor Republik Indonesia di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.


Menaikkan kuota permohonan paspor salah satu langkah yang dilakukan guna mengantisipasi lonjakan permohonan adalah dengan meningkatkan kuota permohonan paspor, baik di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Unit Layanan Paspor (ULP) Harbour Bay dan saat layanan Pelayanan Paspor di Hari Minggu (PASAR MINGGU). 


Menurut Kepala Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian (Dokjalintal), Mohamad Taufik Sulaeman, menjelaskan bahwa kuota permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam pada tanggal 19-30 Desember 2022 akan dinaikkan menjadi 250 pemohon per harinya, dan di Unit Layanan Paspor Harbour Bay akan dinaikkan menjadi 100 pemohon per harinya. 


"Selain menaikkan jumlah permohonan pada pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam dan ULP Harbour Bay, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam juga menaikkan jumlah Kuota Permohonan Paspor pada Pelayanan Paspor PASAR MINGGU di ULP Harbour Bay pada tanggal 18 Desember 2022 menjadi 50 Pemohon," kata Taufik pada Kamis (15/12/2022) pagi. 


Tujuan ditingkatkannya jumlah kuota adalah untuk memudahkan akses masyarakat untuk melakukan pembuatan baru ataupun penggantian paspor jelang libur akhir tahun 2022," tambahnya. 


Lanjutnya, kami siap memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat demi meningkatkan kualitas pelayanan publik. 


"Selain meningkatkan kualitas layanan melalui inovasi pelayanan, Imigrasi Batam juga memberikan penguatan kepada pegawai untuk terus memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat pada akhir tahun 2022 ini," tuturnya. 


Untuk meningkatkan jumlah kuota paspor, Imigrasi Batam juga menyediakan layanan paspor on Emergency di masa libur Natal dan Tahun Baru 2023. 


Kepala Seksi Dokumen Perjalanan, Doni Purwoko Hadi Sandra Dewa menambahkan, pelayanan ini sendiri ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan akses pelayanan penerbitan paspor RI pada situasi kedaruratan (on emergency). 


”Kami sudah membentuk tim satuan tugas yang siap sedia membantu masyarakat apabila membutuhkan pelayanan keimigrasian dalam keadaan darurat di masa libur natal dan tahun baru”, ujar Doni. 


Apabila Masyarakat membutuhkan layanan imigrasi on Emergency dapat menghubungi ke saluran Pengaduan Imigrasi Batam. 


Untuk memberikan kemudahan dalam mengakses , Imigrasi Batam juga meningkatkan layanan dengan membuka layanan percepatan dengan kuota sebanyak 100 permohonan setiap harinya di tanggal 19-30 Desember 2022.


"Layanan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang sangat membutuhkan paspor dengan segera. Dengan layanan tersebut, maka masyarakat dapat menerima paspor di hari yang sama saat pengajuan," bebernya. 


 Akan tetapi, layanan percepatan memiliki tarif PNBP ekstra sebesar Rp.1.000.000 diluar biaya PNBP Paspor. Selain menyediakan layanan percepatan, Imigrasi Batam juga melaksanakan piket pelayanan di jam istirahat guna memberi kesempatan bagi masyarakat yang sudah mendapatkan nomor antrian agar tidak menunggu terlalu lama pada proses pengambilan foto dan data biometrik. 


Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Subki Miuldi menjelaskan seluruh langkah-langkah dan inovasi layanan tersebut merupakan upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membangun kepercayaan masyarakat Kota Batam pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, (Egi) 


Redaktur: ZB




Share on Social Media