Batam, News, Politik, Kepri

Mengefektifkan Fungsi Anggota DPRD, Warga di Kelurahan Sei Panas Sampaikan Aspirasi ke Tan A Tie

Egi | Minggu 09 Oct 2022 21:59 WIB | 835

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Bright PLN
Wali Kota/Wakil Wali Kota
Pendidikan
Politisi


Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam tampung aspirasi masyarakat (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Melalui Reses Anggota DPRD Kota Batam Masa Persidangan ke I Tahun Sidang 2022, Tan A Tie menyerap berbagai aspirasi dan keluhan-keluhan yang dialami oleh masyarakat yang berada di Perumahan Bukit Beruntung dan Perumahan serta Ruko Aku Tahu, Kelurahan Sungai Panas pada, Jumat (7/10/2022) dan Sabtu (8/10/2022) malam. 


Tan A Tie yang merupakan dariFraksi Demokrat-PSI mengatakan, masa reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat. Diwajibkan untuk menyerap aspirasi yang ada di masyarakat, dan apa saja yang menjadi permintaan masyarakat harus diperjuangkan.


“Reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD. Anggota Dewan wajib turun ke Dapilnya untuk bertemu konstituen, menjaring informasi, menghimpun seluruhnya untuk kemudian diperjuangkan di parlemen,” katanya.


Dikatakannya, pada saat pelaksanaan reses di Perumahan Bukit Beruntung Kelurahan Sungai Panas, ada beberapa aspirasi dan persoalan warga yang mengemuka dalam reses tersebut diantaranya, Pembangunan Gapura, Penerangan Lampu Jalan, Perbaikan gorong-gorong dan Perbaikan Drainase yang ditutup oleh tempat usaha.


Sedangkan, aspirasi yang disampaikan warga yang ada di Perumahan dan Ruko Aku Tahu, Kelurahan Sungai Panas ialah Perbaikan jalan dan Pemasangan batu miring parit, Tambah daya ampere listrik yang ada di aula dan permasalan perpanjangan pembayaran UWTO.




"Mudah-mudahan semua usulan yang telah disampaikan akan saya perjuangkan di DPRD Batam. Dan, semoga usulannya bisa terakomodir semuanya,” harapnya.


Reses tersebut berjalan dengan interaktif dan dialogis. Para warga berlomba-lomba ingin menyampaikan secara langsung berbagai macam keluhan yang dirasakannya kepada anggota dewan yang hadir, dengan harapan supaya apa yang menjadi keluhannya diterima oleh anggota Komisi I di DPRD Kota Batam ini.


Sementara, Ketua RT 01 RW 07 Perumahan Bukit Beruntung Kelurahan Sungai Panas, Swi Kuang alias Sumendri memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anggota dewan yang telah bersedia melakukan reses ditempatnya.


Sumendri mengatakan, sejak ia bertempat tinggal di Perumahan Bukit Beruntung dari tahun 1996, belum ada satu orangpun anggota DPRD Batam yang melakukan reses ditempatnya. Diapun merasa heran, kenapa tidak ada yang berani melakukan reses.


"Lebih dari dua puluh tahun saya tinggal di perumahan ini, tak pernah ada seorangpun anggota DPRD Batam yang melakukan reses disini. Baru pak Tan A Tie lah anggota dewan yang pertama kali melakukannya," ucap Sumendri usai kegiatan.


Kemudian, dengan kehadiran anggota dewan di wilayahnya adalah merupakan suatu kehormatan tersendiri baginya. Yang mana sangat jarang sekali wilayahnya dikunjungi langsung oleh anggota dewan.




"Apalagi sekarang beliau sengaja mendatangi kami dan ingin mendengarkan langsung keluhan-keluhan apa saja yang dialami warga supaya dicarikan solusi dan jalan keluarnya. Ini yang sangat jarang sekali terjadi, dan pantas diberikan apresiasi," ungkapnya.


Lanjutnya, biasanya warga disini sungkan saat kedatangan tamu-tamu besar seperti halnya anggota DPRD ini, namun hal itu tidak tampak saat politisi dari Partai Solidaritas Indonesia ini hadir. Wargapun merasa tak asing lagi dengan kehadiran Tan A Tie.


"Pak Tan A Tie tadi sangat welcome ke warga, sehingga wargapun membuka diri untuknya. Menjalin cepat keakraban itu tidak semua orang bisa melakukannya, namun pak Tan A Tie bisa mencairkan suasana," jelasnya.


Maka dari itu, dengan kehadiran anggota DPRD Batam melakukan reses diwilayahnya, pihaknya berharap permasalahan yang selama ini dialami warga bisa secepatnya untuk diselesaikan.


Senada, Ketua RW 13 Perumahan serta Ruko Aku Tahu 1&2, Kelurahan Sungai Panas, Rapotan Harahap sangat mengapresiasi kehadiran Anggota DPRD Batam, Tan A Tie melaksanakan reses di wilayahnya.


Dalam kesempatan itu, mewakili seluruh warga yang ada di RW 13 Perumahan serta Ruko Aku Tahu 1&2, Kelurahan Sungai Panas, pihaknya ingin mengucapkan terima kasih atas telah direalisakannya semenisasi jalan yang berada diwilayahnya yang bersumber dari Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD Batam, Tan A Tie.


"Mewakili seluruh warga, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pak dewan (Tan A Tie) yang telah melakukan semenisasi jalan diwilayahnya. Semoga pak dewan terus diberikan kesehatan agar bisa terus membantu memyelesaikan semua persoalan yang dialami oleh warga," ucap Rapotan mengakhiri, (Egi



Share on Social Media