Batam, News, Kesehatan, Kepri

Gelar Pelatihan SLJS, YJI Batam Berencana Gelar Senam Jantung Sehat di Tiga Negara

Egi | Minggu 04 Sep 2022 16:06 WIB | 814

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Dokter
Kesehatan
DPRD Tanjungpinang


Foto bersama pelatihan SLJS di Dispora Batam (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kota Batam melaksanakan pelatihan Senam Lansia Jantung Sehat (SLJS) di Aula Dispora Kota Batam pada Minggu (4/9/2022) pagi. 


SLJS juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Jantung Indonesia Kota Batam Haryanto, Ketua Kormi Kepri Wahyu Wahyudin, dan Wiwik Pujakesuma. 


Ketua Kormi Kepri Wahyu Wahyudin mengatakan, kegiatan senam jantung sehat ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa karena ini merupakan kegiatan yang keuntungannya untuk diri kita sendiri. 


"SLJS ini harus terus disosialisasikan, bukan hanya untuk kaum hawa saja, tetapi juga disosialisasikan kepada kaum adam termasuk kepada anak-anak dari SD, SMP, dan SMA," ujar Wahyu Wahyudin. 




Lanjutnya, di masa sekarang ini, rata-rata banyak masyarakat yang meninggal dikarenakan penyakit jantung. 


"Sekarang ini banyak anak-anak yang meninggal dikarenakan penyakit jantung. Bukan hanya orang dewasa saja. Jadi kegiatan ini sangat bagus sekali, apalagi juga mendapatkan sertifikasi," ungkapnya. 


Wahyu Wahyudin yang juga menjabat sebagai ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepri berharap kepada YJI bisa menjadi perwakilan disetiap Kecamatan maupun Kelurahan untuk terus sosialisasikan SLJS agar jantung masyarakat tetap sehat. 


Ditempat yang sama, Sekretaris YJI Kepri Wiwik Pujakesuma mengungkapkan, SLJS merupakan gaya hidup sehat kita untuk masyarakat keseluruhan. 


"Memang rata-rata banyak ibu-ibu yang ikut senam ini, namun tujuan utama kita juga yaitu memperkecil tingkat pasien yang sakit jantung," kata Wiwik. 


Ketua Yayasan Jantung Indonesia Kota Batam Haryanto juga menambahkan, peserta pelatihan SLJS ini diikuti sebanyak 70 peserta. 




"Berarti lebih dari target pelatihan yang kita inginkan, yang mana awalnya kita targetkan cuma 50 orang peserta," kata Haryanto. 


Tampak terlihat, semenjak Covid-19 mulai mereda, komunitas dari RT/RW, Posyandu, Puskesmas, dan sekolah kembali melakukan aktivitas seperti biasa. 


"Jadi, dengan mengurangnya Covid-19, Senam Jantung Sehat ini merupakan aktivitas yang termasuk sebagai kebutuhan sehari-hari untuk kesehatan tubuh sendiri," ungkapnya. 


"Dan alhamdulillah YJI Kota Batam tetap menjadi pelopor gaya hidup sehat. Kedepan rencananya kita akan melaksanakan senam bersama dan berolahraga bersama dengan tiga negara, sehingga juga dapat mendorong UMKM Batam," sambungnya. (Egi




Share on Social Media