Lingga

Peringatan Mangrove Sedunia, Lanal Dabo Singkep Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Juliadi | Rabu 27 Jul 2022 15:53 WIB | 1544

AD/AL/AU
TNI/Polri
Mangrove



MATAKEPRI.COM, DABO SINGKEP -- Dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia, Pangkalan TNI angkatan laut (Lanal) Dabo Singkep ikut mensukseskan pelaksanaan penanaman mangrove serentak di 77 titik jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia.


Kegiatan tersebut terpusat di Tanjung Pasir Tangerang Jawa Barat melalui virtual yang di pimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.


Kasal melalu vidoe conference mengatakan, Penanaman mangrove secara serentak yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut ini, merupakan upaya menyikapi sering terjadinya bencana alam, tanah longsor dan bencana banjir yang hampir terjadi di seluruh negara di bumi dan juga bertujuan untuk menjaga ekosistem laut.


"Oleh karena itu kami mengambil peran aktif secara serantak di seluruh Indonesia, karena laut adalah harapan dan laut merupakan masa depan sehingga laut harus dijaga," tegas KasalĀ 


Sementara itu ditempat yang berbeda Komandan Lanal (Danalanal) Dabo Singkep, Letnan kolonel (Letkol) Laut (P) Faruq Dedy Subiantoro mengatakan, berdasarkan arahan dari bapak Kasal yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka penanggulangan bencana ataupun menghadapi perubahan iklim global, hutan mangrove salah satu fungsinya adalah mampu menahan air laut agar tidak mengikis tanah digaris pantai atau abrasi.


"Selain itu juga untuk menyerap karbondioksida (CO2) dan menghasilkan Oksigen (O2) serta tempat hidup biota laut," ungkap Danlanal Dabo Singkep saat berada ditempat penanaman Mangrove, Desa Sedamai, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Selasa (26/7/2022)


Dikatakan Danlanal bahwa intinya dengan harapan penanaman mangrove ini secara berkala dan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.


"Serta dalam rangka memperbaiki habitat dan ekosistem yang ada di laut," tandas Danlanal.


"Untuk hari ini dialokasikan sebanyak 1.000 batang bibit mangrove namun sebelumnya sudah ditanam dengan total sudah 5.000 batang bibit mangrove", pungkas Danlanal. (r)



Share on Social Media