Batam

Tahniah, Media AlurNews.com Resmi Terverifikasi Faktual Dewan Pers

Juliadi | Senin 11 Apr 2022 13:01 WIB | 1610

Organisasi Jurnalis
Jurnalis



MATAKEPRI.COM, BATAM - Media online AlurNews.com kini telah resmi terverifikasi Dewan Pers. Hal ini sebuah bukti, AlurNews.com adalah perusahaan pers yang menjunjung kode etik jurnalistik dan pedoman media siber.


Untuk mendapatkan sertifikasi Dewan Pers tidak mudah. Ada dua tahap yang harus dilalui, pertama, verifikasi Administrasi. Segala kelengkapan administrasi perusahaan pers dilaporkan kepada Dewan Pers.


Setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi, maka selanjutnya Dewan Pers melakukan verifikasi faktual. Dewan Pers berkunjung ke kantor untuk memastikan media ini, bukanlah media fiktif.


Pada Jumat 25 Maret 2022 lalu, Tim Dewan Pers berkunjung ke Kantor redaksi media AlurNews.com di Kompleks Ruko Mega Legenda 2, Batam Center.


Tim Dewan Pers diwakili Anggota Dewan Pers selaku Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan & Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers, Jamalul Insan didampingi Irwan dari Sekretariat Dewan Pers.


Verifikasi faktual ini dilakukan untuk memeriksa dan mencocokkan data yang disampaikan sebelumnya dalam verifikasi administrasi yang disampaikan perusahaan media ke Dewan Pers.


Akhirnya pada 9 April 2022, AlurNews.com dinyatakan resmi terverifikasi faktual, yang tertuang dalam Sertifikat Dewan Pers Nomor 978/DP-Verifikasi/K/IV/2022 tertanggal 9 April 2022 yang ditandatangani Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh.


“Alhamdulillah, akhirnya AlurNews.com resmi terverifikasi faktual Dewan Pers. Hal ini tentu membuat kami semakin bersemangat,” kata CEO AlurNews.com, Harianto.


Ia juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh tim redaksi, keluarga besar serta pembaca setia AlurNews.com


“Terimakasih doa dan dukungannya, semoga AlurNews.com terus memberikan yang terbaik,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kepri, Eddy Supriatna turut memberikan selamat kepada AlurNews.com.


Ia mengatakan, setelah 2 tahun berdiri dan melakukan berbagai pembenahan, AlurNews.com memang pantas dan layak disebut sebagai media yang profesional.


Langkah yang dilakukan oleh Dewan Pers, melakukan verifikasi faktual adalah langkah untuk melakukan pendataan terhadap media yang tumbuh dan berkembang begitu masif.


“Dan sekali lagi saya sampaikan, Alurnews.com telah menunjukkan kepada Dewan Pers, bahwa Alurnews.com memang media yang profesional,” ujarnya.


Tidak hanya Alurnews.com, ada enam media lainnya yang merupakan anggota JMSI Kepri yang juga membuktikan diri sebagai media yang layak dan sudah profesional. (r) 



Share on Social Media