Tanjung Pinang

Danlantamal IV Pimpin Upacara Ziarah Rombongan di TMP Pusara Bhakti Tanjungpinang

Juliadi | Jumat 14 Jan 2022 13:51 WIB | 145

Lantamal/Lanal
TNI/Polri


Sesi foto bersama Danlantamal IV Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, SH., MH., M.Tr.Opsla, Jumat (14/1/2022)


MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Menjelang peringatan Hari Dharma Samudera 2022 yang jatuh pada Sabtu (15/1/2022) besok, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dwika Tjahja Setiawan, SH., MH., M.Tr.Opsla memimpin upacara ziarah rombongan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Tanjungpinang, Jumat (14/1/2022). 


Upacara ziarah dan tabur bunga tersebut bertujuan untuk mengenang jasa dan meneladani jiwa patriotisme para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan Negara Ke Republik Indonesia (NKRI), khususnya dalam peristiwa Pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962 silam.  


Oleh sebab itu, peringatan hari Dharma Samudera tahun 2022 ini, diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan dan jiwa patriotisme generasi penerus untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Upacara ziarah rombongan dan tabur bunga tersebut, dihadiri oleh Wakil Komandan Lantamal IV,  Kolonel Marinir Andi Rahmat M, para Pejabat utama (Pju) dan Para Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Lantamal IV, serta hadir pula  Ketua Jalasenastri Kordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenatri Armada (DJA) I, Ny. Anna Dwika dan Pengurus Jalasenastri Korcab IV DJA I.


Kegiatan upacara berlangsung khidmat yang diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan peletakkan karangan bunga secara simbolis di Tugu Makam Pahlawan oleh pimpinan rombongan, foto bersama dan penaburan bunga di makam pahlawan oleh seluruh peserta ziarah.


Selesai pelaksanaan upacara ziarah dan tabur bunga dilanjutkan dengan anjangsana ke Anak Buah Kapal (ABK) atau Keluarga/ Ahli Waris KRI Macan Tutul yang ada di Tanjungpinang antara lain: Pembantu Letnan satu (Peltu) (Purn) Danu di Perumahan Taman Harapan Indah Blok J/9 Tanjungpinang Timur; Ny. Maria istri Alm Serma (Purn) Petrus Matitaputy di Jalan Karya Perumahan Pelita 8 Nomor 16 Tanjungpinang, Ny. Saltimah istri dari Alm. Peltu (Purn) Santa di Jalan Soenaryo nomor 6 Tanjungpinang Barat. (r/Adi)