Batam

Percepatan vaksinasi Covid-19, Lanal Batam Serbu Pulau Buluh

Juliadi | Kamis 23 Sep 2021 19:59 WIB | 2142

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Mendukung program pemerintah dalam upaya Percepatan Vaksin Covid 19, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) khususnya Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam mengadakan gencarkan Serbuan Vaksinasi maritim. enuju Indonesia sehat yang bekerja sama dengan Puskesmas Pulau Buluh Kecamatan Bulang yang bertempat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Pulau Bulang dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 46 Pulau Bulang Kebam Kecamatan Bulang, untuk usia 12 tahun sampai 16 tahun, masyarakat umum dan Ibu hamil.


Dengan Informasi dari Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal Batam Sersan Kepala (Serka) Babullah bahwa masyarakat Pulau Bulang sebagian besar masyarakatnya belum tervaksin.


Mendapatkan info tersebut, Komandan Lanal (Danlanal) Batam Kolonel Laut (P) Sumantri K, M.M merespon cepat untuk segera melaksanakan Vaksinasi di Pulau Bulang.


Dikatakan Danlanal Batam, Pulau Buluh merupakan sebuah kelurahan dengan luas wilayah 5,522 Km2 daerah darat 2,187 Km2 dan luas lautan 3,335 Km2 terletak di Kecamatan Bulang Kota Batam.


Lanjut dikatakannya, Kelurahan Pulau Buluh terdiri dari 11 RT dan 3 RW dan memiliki 5 buah pulau yaitu Pulau Buluh, Pulau Boyan, Pulau Teluk Sepaku, Pulau Tengah dan Pulau Bulat.


Saat ini masih banyak masyarakatnya yang belum tervaksin karena Kendala transportasi ke lokasi-okasi Vaksinasi, Lanal Batam mengunakan unsur laut menuju Pulau Bulang untuk Memvaksinasi Door to door bagi Lansia dan Pelajar di  Sekolah - Sekolah  Pulau Bulang.


Dalam kegiatan Ini berhasil 94 orang divaksin oleh Vaksinator 8 orang kolaborasi Vaksinator Puskesmas Bulang, TNI AL oleh Letnan dua (Letda) Laut (K) Drg Esra, Sersan dua (Serda) APM Agil Jenis Vaksin Sinovac dosis 1.


Danlanal juga mengatakan, serbuan vaksinasi Maritim  menuju Indonesia Sehat terus dilaksanakan secara kontinyu dan berkelanjutan merupakan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, setiap Pangkalan mendukung program pemerintah melaksanakan serbuan vaksin kepada masyarakat serta bekerja sama dengan instansi terkait melaksanakan serbuan vaksin dan  berupaya masuk ke pulau-pulau terpencil yang sulit mendapatkan Vaksin.


Sementara itu, Lurah Pulau Buluh M. Irawan, mengucapkan terima kasih kepada Lanal Batam atas pelaksanaan vaksinasi untuk warga Pulau Buluh.


"Terima Kasih kepada TNI Angkatan Laut atas pelaksanaan Vaksinasi kepada masyarakat, Kami masyarakat Pulau Bulang, sehingga kami tidak perlu mencari cari untuk divaksin yang selama ini kami kesulitan informasi Pelaksanaan Vaksin dan juga untuk menjangkau Lokasi Vaksinasi," ujar Irawan.


Paspotmar Lanal Batam Mayor Marinir Hadi Siswanto, juga menyampaikan terima Kasih atas antusias masyarakat Bulang, karena mendukung Kegiatan Vaksinasi ini selaras dengan Program Pemerintah Untuk mencegah penyebaran Covid 19 dan mengingatkan kepada masyarakat dan Pelajar Bulang  tetap melaksanakan Protokol kesehatan Covid 19 walau sudah divaksin.



Share on Social Media