Batam, News, Kepri

Pengungsi WN Afghanistan Lakukan Aksi Damai di Kantor DPRD Batam

Egi | Rabu 22 Sep 2021 12:40 WIB | 923

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Imigrasi
Aksi Damai


WN Afghanistan minta pertolongan kepada DPRD Batam (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Puluhan imigran pencari suaka Warga Negara (WN) Afghanistan meminta bantuan ke Kantor DPRD Kota Batam agar bisa dideportasi ke Negara ketiga.


Salah seorang WN Afghanistan yang bernama Ali Akbar mengungkapkan ingin meminta bantuan kepada DPRD Batam agar bisa membantu menjembatani ke United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).


"Saya sendiri sudah hampir 8 (delapan) tahun tinggal di Kota Batam ini, dan ada yang lebih lama tinggal disini. Jadi kita ingin meminta bantuan kepada Pemerintah, karena tidak ada yang peduli dengan kita disini," ujar Ali pada Rabu (22/9/2021) siang didepan Kantor DPRD Batam.


Lanjutnya, kita juga sudah meminta bantuan kepada pihak Imigrasi Batam, namun sampai saat ini masih tidak ada yang menanggapi.


"Ke Imigrasi sudah kita pertanyakan, namun sampai sekarang tidak ada yang respon," ungkapnya.


Ditempat yang sama, WN Afghanistan yang bernama Husaini juga mengatakan, kita ingin dideportasi ke negara ketiga, yaitu Australia, New Zealend, USA, dan Canada.


"Selama kita mengungsi disini, kita dibiayai oleh International Organisasi Migrasi (IOM). Kita juga sudah minta tolong kepada UNHCR dan IOM dipindahkan ke negara ketiga, namun tidak ada yang menanggapi juga," ujar Husaini.


Kita mohon kepada Pemerintah Indonesia agar bisa membantu kita dideportasi ke negara ketiga tersebut. 


"Kita tidak ngapa-ngapain disini. Tidak bisa bekerja, anak-anak tidak bisa sekolah, dan masa depan kita tidak ada disini," pungkasnya, (egi)





Share on Social Media