Batam, News, Kepri

HUT Ke-76 PMI, PDDI Kota Batam Ajak Masyarakat Untuk Donor Darah

Egi | Sabtu 18 Sep 2021 06:52 WIB | 1291

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kesehatan
PMI


Eyang didampingi Wakil Ketua PDDI Kota Batam Tan A Tie


MATAKEPRI.COM BATAM -- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke – 76 Tahun dirayakan secara sederhana ditengah pandemi covid-19, yang telah berlangsung di Aula PMI Batam, sejak pukul 09.00 hingga pukul 10.35 WIB, Jumat (17/9/2021).


HUT PMI di Tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya. Dalam perayaan kali ini, PMI mengusung tema sederhana namun bermakna, yakni; “Bergerak Bersama Untuk Sesama”. Dalam acara tersebut, turut hadir sejumlah perwakilan Perusahaan serta LSM yang disebut sebagai donatur PMI Batam.


Acara syukuran HUT PMI ini dibuka dengan sambutan istimewa yang disampaikan oleh Ketua PMI Batam, Ny. Sri Soedarsono. Dalam sambutannya, Wanita yang akrab disapa Eyang ini mengungkapkan terimakasihnya kepada para mitra yang bekerjasama serta masyarakat yang telah bersedia menyumbangkan darahnya.




"Syukur alhamdulillah, kami keluarga besar PMI mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua mitra serta masyarakat kota Batam yang telah menyumbangkan darah juga donasinya. Saya juga sangat berterimakasih kepada Pemko yang sudah mendukung kehadiran PMI ini. Seperti yang kita ketahui bersama, satu tetes darah kita sudah bisa menolong nyawa orang lain," ujar Eyang.


Dalam kesempatan tersebut, Eyang juga mengajak seluruh masyarakat kota Batam untuk terus bersinergi dan berpartisipasi dengan dalam kegiatan donor darah.


"Disini saya lihat ada kerjasama yang sangat kuat antara Pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, marilah kita terus tingkatkan sinergitas, dan terus berpartisipasi dalam menyumbangkan donasi kita terhadap mereka yang membutuhkan," bebernya.


Tak hanya itu, Eyang juga sempat menyinggung terkait dana yang diperoleh PMI untuk kelangsungan Kegiatannya.


Dikatakannya PMI Batam tidak memiliki dana tetap. 100 persen murni dari setiap donasi yang masuk ke perbendaharaan PMI Batam Itulah yang diolah. Tapi kita bersyukur karena Pemerintah kota Batam juga mendukung penuh, Terimakasih Pak Walikota Batam. Juga ada sejumlah Donatur yang terus berdonasi setiap bulannya.


"Mari Bergerak Bersama Untuk Sesama," ucap adik dari Almarhum BJ Habibi ini.




Wakil Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Batam Tan A Tie, juga mengucapkan selamat HUT PMI yang Ke-76 tahun.


"Saya mewakili PDDI Kota Batam mengucapkan selamat HUT PMI yang ke 76. Semoga PMI Kota Batam kedepannya dapat terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang membutuhkan darah," ujar Tan A Tie.


Lanjutnya, selama ini PMI Kota Batam tidak ada memiliki dana yang tetap untuk operasional. Dana yang ada murni dari donator-donator yang dikenalnya.


"Kita berharap, masyarakat Kota Batam bisa menjadi donatur tetap untuk PMI, karena dengan adanya donatur tersebut, kita semua juga akan terbantu dalam membutuhkan darah," ungkapnya.


"Kita juga harapkan Pemerintah Kota Batam juga bisa membantu PMI, karena sejauh kita tau, PMI masih berdiri sendiri," sambungnya.


Tan A Tie yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi 1 DPRD Batam mengungkapkan, merasa sangat bangga terhadap salah satu Perusahaan yang telah membantu PMI Kota Batam.


"PT JMS ini tiap bulannya selalu membantu PMI. Perusahaan ini mempunyai banyak karyawan, setiap bulannya menyisihkan gajinya untuk PMI, dan sampai saat ini masih berjalan terus," bebernya.


PDDI Kota Batam selama ini juga banyak membantu masyarakat Kota Batam yang membutuhkan darah dari PMI dan kita juga ajak masyarakat untuk donorkan darahnya.


"Kita mempunyai group WhatsApp PDDI setiap Golongan Darah. Jadi, masyarakat yang misalkan membutuhkan golongan darah O atau golongan lainnya, kita akan share kesetiap group yang bisa donorkan darahnya," pungkasnya, (egi)



Share on Social Media