Batam, News, Kepri

Polsek Bengkong Gelar Vaksin Massal Jenis Astra Zeneca Untuk Masyarakat

Egi | Minggu 08 Aug 2021 19:25 WIB | 815



Antigen masyarakat Bengkong sebelum pelaksanaan vaksinasi (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Percepat pelaksanaan vaksinasi, Polsek Bengkong vaksin massal masyarakat melalui gerai vaksin merdeka, Minggu (8/8/2021).


Kapolsek Bengkong, AKP Bob Ferizal, mengatakan, pelaksanaan Gerai Vaksin Merdeka tersebut merupakan program dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 secara nasional.


“Vaksin yang dilaksanakan di masing-masing Polsek di Kota Batam ini adalah program dari Bapak Kapolri. Program vaksinasi ini bernama Gerai Vaksin Merdeka dalam rangka percepatan vaksin bagi masyarakat, khususnya di Batam,” kata AKP Bob.


Hal ini dilakukan agar memudahkan masyarakat yang belum divaksin agar mudah mendapatkannya di setiap kecamatan.


Adapun pihak Polsek Bengkong menyediakan kuota 220 orang per harinya bagi yang ingin disuntik vaksin, sejak dimulai pada Senin hingga Jumat (2-6/8/2021), dengan jenis vaksin yakni AstraZeneca.


Dalam pelaksanaannya, masyarakat yang ingin divaksin sebelum dilakukan pemeriksaan swab Antigen oleh petugas kesehatan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Tanjung Buntung dan Sungai Panas. Hal tersebut guna mengetahui apakah masyarakat tersebut terpapar Covid-19 (Positif) atau tidak, sesuai dengan program Pemerintah Kota (Pemko) Batam terkait pelaksanaan swab Antigen Massal.


“Jenis vaksinnya AstraZeneca. Jadi setiap hari, vaksin yang dilaksanakan sebanyak 220 dosis. Nah kegiatan sebelum vaksin, masyarakat diswab Antigen oleh pihak Puskesmas. Tujuannya untuk mengetahui, kalau ada yang positif itu tidak boleh divaksin,” jelasnya.


Menurut Bob, antusias masyarakat cukup tinggi untuk divaksin. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Bob menjelaskan mekanisme proses pelaksanaan vaksinasi bahwa, pihaknya berkoordinasi kepada empat kelurahan di wilayah Bengkong, yakni Tanjung Buntung, Bengkong Laut, Bengkong Indah dan Sadai, untuk membagi 2 kelompok oer harinya dengan kuota 220 dosis untuk 2 kelurahan di Bengkong.


“Pelaksanaan aman dan tertib. Kita melihat antusiasme masyarakat tinggi untuk divaksin. Karena terbatas, kami kordinasi dengan pihak kelurahan, untuk mengatur warga. Disini kan ada 4 kelurahan, jadi kami bagi-bagi menjadi 2 kelurahan per harinya, besoknya lagi 2 kelurahan lainnya. Jadi 220 dosis dibagi untuk 2 kelurahan di Bengkong, yang mengatur kelurahan, dibagilah ke Rukun Tetangga/Warga (RT dan RW), prosesnya seperti itu,” katanya.


Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.


“Warga tidak usah khawatir untuk tidak kebagian divaksin, sehingga berbondong-bondong datang. Warga cukup melapor ke kelurahan agar bisa didata kapan untuk divaksin. Pesan saya untuk masyarakat, tetap menjalankan dan mematuhi protokol kesehatan sesuai program pemerintah, walau sudah divaksin. Semoga kasus Covid-19 bisa segera menurun,” ujarnya mengakhiri. (egi)



Share on Social Media