Bintan, News, Kepri

Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Bersama BNNK Pastikan Tidak Ada Oknum yang Terlibat Narkoba

Egi | Kamis 22 Jul 2021 15:06 WIB | 114

Lapas/Rutan


Istimewa


MATAKEPRI.COM BINTAN -- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang melaksanakan kegiatan tes urin bagi seluruh pegawai sebagai implementasi program P4GN pada Kamis (22/7/2021).


Program ini merupakan salah satu dari tiga kunci keberhasilan Pemasyarakatan. Dimana ketiga kunci tersebut adalah deteksi dini, melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba (P4GN), dan bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum. 


Selain itu program tes urin ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan bapak Direktur jenderal Pemasyarakatan kemaren yang telah dilaksanakan pada rabu secara vitual. Yang menegaskan tentang tiga kunci keberhasilan Pemasyarakatan tersebut.


Kegiatan tes urin ini diselenggerakan bekerjasama dengan BNN kota Tanjungpinang. Dalam kesempatan yang sama tampak hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti beserta jajaran bpk Kabid Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Teguh Imanto, Kepala Rupbasan Achmad Andrian yang melaksanakan Pengawasan secara langsung dalam kegiatan tersebut di dampingi oleh bapak Kalapas Wahyu Hidayat yang juga mengikuti kegiatan tes urin. 


“Pelaksanaan dari pada monitoring dan pengawasan pengambilan sampel urin yang dilaksanakan oleh Tim BNN Kota Tanjungpinang di Lapas Tanjungpinang dalam hal ini merupakan Tugas pokok dan fungsi Divisi Pemasyarakatan sebagai Bintorwasdaldak. Dan ini merupakan suatu apresiasi bagi Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.” Ujar Dwinastiti.


Kegiatan ini dilaksanakan tepatnya di ruang kunjungan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang yang diikuti oleh seluruh jajaran petugas Lapas.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan dirjen PAS yang dilaksanakan secara virtual yang menegaskan bahwa tiga kunci keberhasilan Pemasyarakan adalah melaksanakan deteksi dini, melaksanakan P4GN, dan besinergi dengan aparat penegak hukum”. Ujar Wahyu Hidayat.


Kalapas juga merasa senang dengan dilaksanakannya kegiatan tes urin ini seluruh jajaran petugas Lapas Kelas IIA Tanjungpinang mendapatkan hasil Negatif dalan penggunaan Narkoba.


“Dengan hasil Negatif yang tertera pada alat tes urin tersebut menunjukan bahwa Lapas kita siap dalam memerangi narkoba dan besih dari obat-obat terlarang yang masuk kedalam Lapas” tegas Wahyu Hidayat.


Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan apel siaga war on drugs dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti yang bertindak sebagai Pembina Apel.


“Untuk menjaga marwah dari Pemasyarakatan, ada tiga kunci keberhasilan yang harus kita laksanakan sesuai dengan arahan Dirjen Pas, pertama kita harus melakukan deteksi dini gangguan kamtib, kedua lakukan pencegahan dan pemberantasan terkait peredaran gelap Narkoba yang ada di dalam Lapas dengan melaksanakan P4GN, dan ketiga Lakukan sinergitas antar Penegak Hukum. Dan pada hari ini kita sedang melaksanakan ketiga arahan tersebut”. Tegas Dwinastiti dalam memberikan arahan.


Selanjutnya Kadiv Pas juga berpesan kepada seluruh jajaran petugas Lapas Kelas IIA Tanjungpinang untuk tidak main-main dengan Narkoba, jika ada petugas yang tertangkap menggunakan barang haram tersebut maka akan ditindak lanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.


Selanjutnya Dwinastiti juga berterimakasih kepada pihak BNN Kota Tanjungpinang yang sudah mendukung kegiatan hari ini semonga hubungan kerjasana antara Kanwil Hukum dan HAM Kepri dengan BNN Kota Tanjungpinang terus terjaga dan makin solid.


Kegiatan dimulai pukul 08.00 wib sampai dengan selesai, berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Semua jajaran petugas kooperatif dalam mengikuti kegiatan tersebut serta memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 yaitu dengan mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, dan memakai masker, (r)