Batam, News, Kepri

Tingginya Permintaan Obat-obatan, Ditreskrimsus Polda Kepri Cek Perusahaan PBF

Egi | Rabu 21 Jul 2021 18:35 WIB | 53

Polda Kepri


Jajaran Ditreskrimsus Polda Kepri cek langsung ketersediaan obat-obatan di PBF (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dit Reskrimsus Polda Kepri menerjunkan Satgas Pangan untuk melakukan pengecekan ketersedian alat kesehatan, obat-obatan, dan suplemen di wilayah hukum Polda Kepri pada Rabu (21/7/2021).


Dirkrimsus Polda Kepri Kombes Pol Tegus Widodo melalui Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, saat ini permintaan obat-obatan dan alat kesehatan ditengah pandemi Covid-19 sangat tinggi.


"Dit Reskrimsus Polda Kepri tadi menerjunkan Satgas pangan untuk mengecek langsung ketersedian alat kesehatan, obat-obatan, dan suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan sasaran Pedagang Besar Farmasi (PBF) di wilayah Kota Batam dan Tanjungpinang," ujar Harry pada Rabu (21/7/2021) siang.


Lanjutnya, dari hasil pengecekan yang dilakukan oleh tim dilapangan, dapat kita simpulkan bahwa saat ini permintaan obat-obatan dan vitamin sangat tinggi.


"Dari 14 perusahan farmasi dan apotek yang kita cek, didapatkan ketersediaan obat sesuai peraturan Menteri Kesehatan, vitamin C dan vitamin D mulai menipis, hal tersebut dikarenakan tingginya permintaan dari masyarakat," bebernya.


Untuk memenuhi kebutuhan obat yang meningkat sejalan dengan lonjakan kasus konfirmasi Covid-19, Pemerintah juga telah mendorong seluruh industri farmasi baik swasta maupun BUMN untuk meningkatkan kapasitas produksinya, termasuk mempercepat proses pendistribusian obat.


"Tentunya kita berharap kebutuhan akan obat-obatan dan vitamin ini segera dapat terpenuhi dan disalurkan ke fasilitas-fasilitas kesehatan dan ke apotek-apotek sehinga tidak ada penimbunan di Industri maupun di PBF," pungkasnya, (egi)