Batam, Hukum & Kriminal, Batam

Dokumen Kapal Palsu, Ditpolairud Polda Kepri Sita Kapal MT SEA Tanker II

Egi | Senin 14 Jun 2021 13:26 WIB | 262

Polda Kepri


Kapal MT SEA Tanker II yang disita Ditpolairud Polda Kepri


MATAKEPRI.COM BATAM -- Ditpolairud Polda Kepri telah melakukan penyitaan terhadap Kapal MT SEA Tanker II GT. 2714 karena telah melakukan pemalsuan Surat Laut Sementara dan Surat Ukur International.


Dir Polairud Polda Kepri Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom membenarkan telah menyita kapal MT SEA Tanker II karena telah melakukan tindak pidana pemalsuan dokumen kapal.


"Kita sudah melakukan penyitaan kapal MT SEA Tanker II karena telah melakukan pemalsuan dokumen kapal," ujar Dirpolairud Polda Kepri pada Senin (14/6/2021) pagi.


Lanjutnya, Ditpolairud Polda Kepri melakukan penyitaan kapal ini karena sebelumnya mendapat laporan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam tentang pemalsuan dokumen kapal tersebut.


"Pada Senin (15/3/2021) petugas KSOP Batam melakukan pemeriksaan terhadap keabsahan dokumen kapal MT SEA TANKER II GT. 2714 yang tiba di Batam pada Selasa (9/2/2021) di Pos Syahbandar Telaga Punggur," bebernya.


Gultom mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap dokumen Kapal MT. SEA TANKER II tersebut, ditemukan 1 (satu) lembar Surat Laut Sementara dan 1 (satu) lembar Surat Ukur International (1969) Sementara diduga palsu atau dipalsukan.


"Atas adanya pemalsuan dokumen kapal ini, kita sudah melakukan penahanan dan menetapkan 4 (empat) orang sebagai tersangka," ungkapnya.


"Keempat tersangka ini berinisial MS, AS, RA, dan LN. Keempat orang ini memiliki peran masing-masing," sambungnya.


Barang bukti yang kita sita yaitu, 1 (satu) unit Kapal Tanker, 1 (satu) unit handphone, 1 (satu) paspos Singapore, dan 5 (lima) lembar blangko warna putih berlogo lambang burung Garuda Pancasila.


"Keempat tersangka dikenakan pasal 263 ayat (1) jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana," pungkasnya, (egi)