Batam, News, Kepri

Minim, PMI Batam Sangat Butuh Pendonor Plasma Konvalesen dari Penyintas Covid-19

Egi | Minggu 06 Jun 2021 13:18 WIB | 1319

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Covid-19
PMI


Kepala PMI Batam, ny. Sri Soedarsono didampingi dr Novia M Biomed (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Palang Merah Indonesia (PMI) Batam saat ini membutuhkan pendonor darah plasma konvalesen dari penyintas Covid-19, yang mana dipercaya dapat membantu proses pemulihan pasien yang terkena virus corona


Namun tidak semua penyintas yang bisa menjadi donor plasma, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendonorkan plasma darahnya dan ada juga yang tidak ingin sama sekali donor plasma.


Kepala Unit Donor Darah Batam, dr. Novia M Biomed mengatakan, saat ini PMI sangat membutuhkan pendonor plasma, karena dengan adanya plasma ini, pasien yang daya tahan tubuhnya sangat turun, bisa terbantu dengan adanya donor plasma ini.


"Antusias masyarakat untuk mendonorkan darah plasma dari penyintas Covid-19 itu sangat minim. Karena yang mereka khawatirkan, setelah di donor plasma, daya tahan tubuh mereka akan turun, dan bisa terpapar kembali," ujar dr Novia didampingi oleh Kepala PMI Batam, ny. Sri Soedarsono pada Minggu (6/6/2021) pagi di Kantor PMI Batam Center.


Namun, apa yang dipikirkan tersebut, itu tidak benar. Sebelum kita akan donor plasma. Kita akan melakukan pengecekan anti body dan pengecekan kimia darah terlebih dahulu.


"Tidak semuanya juga bisa dilakukan donor plasma. Sebelumnya kita akan cek anti bodynya. Kalau anti bodynya menurun, kita tidak akan ambil donor plasmanya," bebernya.


dr Novia juga berharap kepada penyintas Covid-19 untuk mendonorkan darah plasma , karena dengan mendonor dapat membantu masyarakat lainnya yang saat ini terbaring di Rumah Sakit di Kota Batam.


"Bagi yang sudah pernah terpapar Covid-19, mohon untuk mendonorkan darah plasma. Karena kita bisa membantu orang lain yang saat ini sedang berjuang melawan virus Covid-19 ini," tuturnya.


"Kita sangat butuh plasma ini. PMI sangat susah mencari masyarakat yang ingin donor plasma, terkadang, disaat kita butuh, kita harus mencari dua hari sampai tiga hari. Kita mohon dan berharap sekali kepada masyarakat untuk donorkan darah plasma ," pungkasnya, (egi)




Share on Social Media