Pojok Opini & Puisi

Gagal Paham Dalam Mencapai Kebahagiaan

Maman | Sabtu 29 May 2021 01:18 WIB | 1711

Pojok Opini


Pimpinan Cakrawala Matakepri Media


Penulis : Maman Prihatna, 29 Mei 2021

Ada beberapa orang yang gagal paham dalam memaknai cara mendapatkan kebahagiaan. Ketika muncul pertanyaan apakah hidup ingin mencari kebahagian atau kekayaan? maka kebanyakan kita akan menjawab kebahagiaan. Tapi tanpa kita sadari bahwa fakta di keseharian kita lebih kepada mencari materi. 

Disatu sisi memang dengan materi kita bisa mendapatkan apa saja yang kita inginkan. Hanya saja perlu diketahui bahwa itu bukanlah menjadi hal yang paling substantif untuk mendapatkan kebahagiaan. Bahagia itu bukanlah sesuatu yang dapat dilihat, di raba dan dimiliki dengan materi, bahagia itu sejatinya berkaitan dengan rasa (hati). Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk dapat merasakan kebahagiaan :

- Kesehatan

Selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani merupakan hal yang paling utama untuk mencapai kebahagiaan. Ketika kesehatan kita baik maka semua kegiatan  akan dapat dilakukan dengan maksimal. Sementara meski kita memiliki materi yang banyak tapi kondisi kesehatan sedang terganggu, maka semua tidak dapat dikerjakan dengan maksimal. 

Sebagai contoh ketika makan maka yang menyebabkan enak  bukanlah makanan yang kita makan melainkan kondisi gigi kita yang sehat. Ketika kita tidur juga bukanlah springbed tebal yang membuat nyaman melainkan kondisi fikiran dan badan sehat lah yang membuat kita tertidur dengan pulas. Dapat berjalan dengan nyaman pun bukanlah karena menggunakan sepatu yang harga nya mahal melainkan karena kondisi kaki kita yang sehat.

Dari situ kita dapat berfikir bahwa terlalu bodoh jika ingin mendapatkan kebahagian hanya dengan mengejar materi sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kesehatan kita sendiri. 

- Bersyukur, jangan pernah membandingkan kurangan yang kita miliki dengan kelebihan yang dimiliki orang lain.

Salah satu cara mencapai kebahagian adalah dengan melatih diri untuk selalu mensyukuri apa yang kita miliki. Sebab jika kita selalu membandingkan apa yang kita miliki dengan milik orang lain yang lebih bagus, maka kita tidak akan pernah menemukan rasa senang(bahagia), kita justru hanya akan menemukan rasa kecewa. 

Secara tidak langsung dengan selalu melatih diri untuk bersyukur maka kita sendiri juga telah belajar untuk mengontrol nafsu atau membatasi banyak keinginan kita yang tidak pernah ada habis nya.

- Pola hidup sederhana

Banyak orang selalu mengaitkan hidup sederhana dengan kemiskinan.  Sementara makna yang sebenarnya adalah menjalani kehidupan dalam segala hal di keseharian sesuai  dengan kebiasaan orang itu sendiri (tidak berlebihan). Sukses dalam hidup seseorang bukan lah di sebabkan karena banyaknya rezeki yang di berikan, melainkan karena pola hidup sederhana. Dan hidup miskin bukanlah karena sedikit rezeki yang di berikan, tetapi karena pola hidup yang berlebihan. Lebih baik kita belajar hidup sesuai dengan penghasilan dari pada memberikan beban hidup melebihi dari apa yang kita dapatkan.

Semoga beberapa coretan di atas dapat menjadi salah satu referensi untuk bisa dapat memaknai arti hidup bahagia.(Maman prihatna)




Share on Social Media