Pojok Opini & Puisi

Jangan Budayakan Mencari Mana Yang Benar dan Mana Yang Salah

Maman | Jumat 28 May 2021 20:53 WIB | 1298

Pojok Opini


Pimpinan Cakrawala Matakepri Media


Penulis : Maman Prihatna, 26 Mei 2021


Sudah menjadi budaya banyak orang pada umumnya berusaha mencari mana yang benar dan mana yang salah terhadap satu hal yang menjadi polemik, permasalahan, terhadap 2  atau lebih pendapat yang berbeda.

Tanpa kita sadari bahwa budaya seperti itu sebenarnya yang semakin membuat ruwet, menjadikan masalah semakin besar dan munculnya perdebatan-perdebatan yang berkepanjangan.

Mana yang benar dan yang salah bisa menjadi pemicu timbulnya permasalahan yang baru seperti sakit hati/dendam pada posisi yang di anggap salah. 

Ketika pertanyaan benar atau salah itu keluar dari orang yang bukan kapasitasnya, maka pertanyaan itu termasuk kedalam pertanyaan kurang ajar yang dapat bersifat mengadu domba kedua belah pihak. 

Tidaklah penting untuk menentukan siapa yang benar, sebab bukan kapasitas kita juga untuk menentukan itu semua. Lebih baik dan bijak jika kita membudayakan untuk bertanya alasan dari masing pendapat ataupun masalah tersebut.

Dan ketika sudah mendengarkan alasannya maka kita dapat memilah dan memilih mana yang sesuai dengan pendapat, keinginan hati kita. Tidak perlu juga kita ungkapkan kepada orang lain bahwa kita setuju dengan salah satunya, sebab itu pun akan dapat menimbulkan perdebatan lainnya. Cukup simpan dalam hati, ikuti dan yakini saja.

Dengan demikian mudah-mudahan kita bisa menjadi masyarakat yang cerdas dalam melihat suatu masalah tanpa harus adanya keributan ataupun permusuhan.(Maman Prihatna)



Share on Social Media