Batam

Tips Memilih Helm Yang Sesuai

Juliadi | Jumat 21 May 2021 09:28 WIB | 1879

Otomotif



MATAKEPRI.COM, BATAM - Bagi sebagian besar anggota masyarakat kendaraan bermotor khususnya roda dua memiliki peran penting dalam mendukung aktifitasnya sehari-hari. 


Hal tersebut disampaikan oleh instruktur Safety Riding Capella Honda, Budi Winarto, Jumat (21/5/2021). 


Dikatakan Budi, hampir setiap keluarga di perkotaan memiliki setidaknya satu sepeda motor di rumah, sepeda motor memiliki keunggulan dari sisi kelincahan dan mobilitas mengingat ukurannya yang relatif kecil dan harganya relatif terjangkau.


Menurut Budi, berkendara dengan sepeda motor tentu membutuhkan perlengkapan berkendara yang lengkap. Dan hal yang bersepeda dalam bersepeda adalah pemakaian helm.


Dijelaskan Budi, secara umum helm di pasaran ada dua jenis yaitu helm full face dan helm half face. Namun perlu beberapa hal hal saat memilih helm. 


“Hal pertama yang harus mengungkapkan adalah apakah ada logo SNI pada helm tersebut dan dengan adanya logo SNI pada helm kontrol helm tersebut telah memenuhi standar pembuatan sesuai aturan pemerintah," jelas Budi.


Sambung Budi, setelah memastikan ada logo SNI -berupa emboss dan bukan stiker tempel- pada helm, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah ukuran yang sesuai dengan kepala. Tidak kekecilan atau kebesaran. 


Budi mengungkapkan, cara terbaik adalah dengan undian dan bukan hanya melihat ukuran helm tersebut (M, L, XL atau XXL), karena produsen berbeda cenderung berbeda pula ukurannya. 


Menurutnya, Helm standar pula memiliki visor bening (tidak berwarna) memilih helm juga harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Helm full face cocok dipakai untuk perjalanan atau perjalanan jauh, karena desainnya yang melindungi kepala, rahang, dagu, dan mulut. 


Sedangkan jika perjalanan relatif dekat dapat memakai helm setengah wajah yang desainnya lebih simpel. Helm ini cocok untuk segala jenis motor bebek atau matik.


Helm yang memiliki strap atau tali pengikat yang kuat juga wajib jadi pilihan karena diharapkan tidak cepat putus atau rusak. Atur kelonggaran strap saat memakai helm agar tidak terlalu mencekik atau longgar. Helm yang tidak nyaman dipakai dapat berpengaruh pada cara berkendara dan tanpa izin.



Yang terakhir sebagai tambahan, boleh dipilih helm yang memiliki fitur tambahan yang berkaitan dengan keselamatan yang lebih baik. Misalnya warna yang terang atau dapat memantulkan cahaya (reflektif), atau yang memiliki visor ganda (lebih kecil dan berwarna gelap) untuk berkendara saat siang hari untuk mengurangi silau. Namun tetap tak terkalahkan dengan anggaran yang tersedia.


“Sebagai informasi, Honda sendiri memiliki koleksi apparel helm eksklusif yang beragam, dan tentunya telah teruji dan tersertifikasi SNI dan bisa didapatkan di semua dealer Honda terdekat dan dengan harga terbaik tentunya," tutup Budi. (R / Adi)



Share on Social Media