Bintan

Danlantamal IV Hadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Cata dan Catam TNI AL

Juliadi | Kamis 06 May 2021 09:42 WIB | 315

Pendidikan
Lantamal/Lanal
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNG UBAN – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal I) V Tanjugpinang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han menghadiri Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Calon Bintara (Cata) dan Tamtama Catam TNI Angkatan Laut Angkatan XLI TA. 2021 di Satuan Pendidikan -1 (Satdik-1) Tanjung Uban Bintan Kepri, Rabu (5/5/2021).


Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan Latihan TNI Angkatan Laut Laksamana Madya (Laksdya) TNI Nurhidayat melalui upacara militer.


Upacara pembukaan tersebut diawali dengan upacara pembukaan Cata TNI Angkatan Laut Angkatan LXI setelah itu dilaksanakan orientasi, kemudian dilanjutkan upacara pembukaan Catam TNI Angkatan Laut Angkatan LXI serta diakhir dengan orientasi.


Dalam sambutannya Komandan Kodiklatal mengatakan, walaupun selama seleksi dalam masa Pandemi Covid-19 dan pada masa bulan puasa. 


"Kalian masih tetap menunjukan semangat kompetisi dengan perserta yang lain, agar dapat lolos dan terpilih menjadi sisawa prajurit TNI Angkatan Laut,” tuturnya.


“Semangat juang yang kalian tunjukan tetap dipertahankan selama dalam pendidikan nanti, agar berhasil mengikuti semua tahap program pendidikan dengan baik, aman dan lancar,” ujarnya.


Dikatakannya juga, pendidikan ini akan dilaksanakan selama 6 bulan, yang terbagi dalam 3 tahap, yang pertama pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, pendidikan dasar golongan selama 1 bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutanselama 2 bulan.


Lebih jauh dijelaskan, tujuan pendidikan pertama Bintara maupun Tamtama untuk mendidik dan membekali Caba dan Catam TNI Angkatan Laut menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut dengan pengetahuan  dan ketrampilan dasar keprajuritan, kematraan serta spesialis sesuai dengan kejuruannya.


Sambungnya, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut dimanapun ditempatkan baik disatuan operasional, KRI maupun KAL .


“Salah satu prioritas kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut  adalah pembangunan sumber daya manusia TNI Angkatan dan dalam rangka pemenuhan personel TNI Angkatan Laut  untuk  pengawakan organisasi yang terus berkembang,” pungkasnya. (r/Adi)