Tanjungpinang

Danlantamal IV Melalui Vicon Berikan Kuliah Kerja kepada Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59

Juliadi | Senin 19 Apr 2021 22:44 WIB | 1886

Bakti Sosial/Bantuan Sosial
AD/AL/AU
TNI/Polri
Siswa/Mahasiswa
Lanud



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlatamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han melalui video conference (vicon) memberikan paparan kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan reguler (Dikreg) Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal IV Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepri, Senin (19/4/2021).


Acara tersebut bartajuk Kuliah Kerja Forum Strategi II dan KKDN yang diawali dengan menyanyikan lagi kebangsaan Indonesia Raya kemudian paparan yang disampaikan oleh Danlantamal IV tentang Pemberdayaan Potensi Maritim (Potmar) Guna Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) di Wilayah kerja (Wilker) Lantamal IV Dalam Rangka Pertahanan Negara di Laut.


Kemudian dilanjutkan paparan oleh Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) tentang  Pemberdayaan Potensi SDN guna menghadapi ancaman Militer di Tanjungpinang dan Batam Dalam Rangka Haneg di Laut


Lalu Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF) paparannya tentang Potensi Haneg Kepri dan Potensi Ancaman di Kepri, masing-masing setelah menyampaikan paparan, kegiatan sebelum usai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disampaikan oleh para Pasis.


Danlantamal IV dalam  paparan tersebut menyampaikan tentang Tugas Pokok dari Lantamal IV, Peta Kerawanan Perairan Lantamal IV, Gelar Kekuatan Pangkalan dan Posal, dan Sumber Daya Buatan tiap-tiap Pangakalan baik itu Dermaga dan Pelabuhan.


Danlantamal IV juga menjelaskan, Dawilhanla dalam pelaksanaannya meliputi Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Pembinaan Potensi SDM Pertahanan Laut, Pembinaan SDAB Pertahanan Laut, Pemberdayaan Potensi Sarana Prasaran PertahahanLaut, menyusun RTRW Pertahanan Laut serta menyiapkan Analisa Daerah Operasi (ADO). 


Danlantamal IV juga mengatakan, bentuk pendekatanya yaitu melaksanakan pembangunan daerah perbatasan berupa Karya Bakti TNI dan Bhakti Kesahatan kemudian melaksanakan Komunikasi Sosial berupa Pembinaan Bela Negara kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat serta memberikan sosialisasi tentang bahaya Narkoba dan miras, pelanggaran lintas batas dan Undang-undang Perikanan dan Pelayaran.


Hadir dalam kegiatan tersebut Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Kafasharkan Mentigi, Danlanudal Tanungpinang. (r/Adi) 



Share on Social Media