Lingga

Kasal Resmikan dan Kukuhkan Danpuslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep

Juliadi | Minggu 11 Apr 2021 23:10 WIB | 1972

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, DABO SINGKEP – Kepala Staf Agkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melaui upacara militer, meresmikan dan mengukuhkan Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir 9 TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Danpuslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep) di Pantai Todak Dabo Singkep Kepri, kemaren pagi (10/4/2021).


Upacara diawali dengan pengucapan sumpah oleh Mayor Marinir Adid Kurniawan Wicaksono, M.Tr.Opsla., lalu dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas, setelah itu  pengukuhan Danpuslatpurmar 9 TNI AL oleh Kasal.


Kemudian setelah upacara pengukuhan Komandan Puslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep, Kasal berkesempatan meresmikan nama Kantor Puslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep yang ditandai dengan penekanan tombol dan pembukaan tirai papan nama.


Kasal juga berkesempatan meletakan batu pertama menandai dimulainya pembagunan Kantor Puslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep.


Dalam amanatnya Kasal mengatakan “Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Komandan Korps Marinir beserta jajaranya, atas kinerja kerasnya dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para prajuritnya, pasukan pendarat Korps Marinir TNI Angkatan Laut,” ujarnya.


Kasal juga mengatakan “Dengan dibentuknya satuan baru Puslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep sebagai satuan pelaksana dibawah Komando Latihan Korps Marinir(Kolatmar), maka tentunya diharapkan dapat memberikan kontribusiyang besar bagi peningkatan profesionalismeTNI Angkatan Laut secara keseluruhan,” sebutnya.


Panglima juga menambahkan “Keberadaan Puslatpur di Dabo Singkep ini merupakan reperesentasi nyata kekuatan TNI Angkatan Laut seutuhnya, saya perintahkan kepada seluruh Prajurit Puslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep, untuk sesegera mungkin menyesuaikan dengan lingkungan dan masyarakat,” tambahnya.


“Marinir kuat untuk melindungi Negara berdaulat, Marinir hebat karena didukung rakyat, karena itu Negara dan rakyat sepakat bahwa siapa cintanya melekat,” tegasnya.


Salah satu penekanan Kasal pada amanatnya mengatakan “Sebagai satuan yang baru  yang dibentuk, maka dituntut untuk kerja keras, inisiatif dan motivasi yang tinggi guna dapat mewujudkan Puslapur yang siap menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” pungkasnya.


Sebagai informasi bahwa Puslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep ini tanggung jawabnya adalah TNI Angkatan Laut, namun demikian apabila TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara maupun Polri akan menggunakan tempat ini untuk  latihan diijinkan.


Puslatpur ini sebenarnya sudah dikuasai oleh TNI Angkatan Laut sejak tahun 1984, dan selama ini dikuasai oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal Dabo Singkep), karena intensitas latihan disini sangat tinggi maka dilaihkan tanggung jawabnya kepada Kops Marinir.


Sebelum upacara peresmian dan pengukuhan Danpuslatpurmar 9 TNI AL Dabo Singkep, Kasal berkesempatan membagi-bagikan sembako kepada masyarakat pantai Todak pada kagiatan Bhaksos di Pantai Todak.


Hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkotma TNI Angkatan Laut, Danlantamal IV, Wakil Bupati Lingga, FKPD Kabupaten Lingga, Wakapolda Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepr, Dansatbrimob Kepri, Dirpolairud, Kapolres Lingga, Kajari Lingga, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Lingga. (r/Adi) 



Share on Social Media