Lingga

Pasrat Korps Marinir Rebut Pantai Todak Dabo Singkep Kepri

Juliadi | Minggu 11 Apr 2021 23:07 WIB | 2096

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, DABO SINGKEP – Dalam hitungan menit ratusan personel Pasukan Pendarat Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Operasi Amfibi terlibat “perang sengit” dengan musuh yang secara illegal masuk melalui perairan Dabo Singkep Kepulauan Riau dan menguasai beberapa objek vital di daerah setempat, Sabtu (10/4/2021).


“Saya Perintahkan Daratkan Pasukan Pendarat, Saya ulangi Daratkan Pasukan Pendarat, Tuhan Bersama Kita Menyerbu dari Laut", pekik Panglima Komando Tugas Amfibi (Pangkogasfib), 


Bersamaan dengan itu ratusan pasukan pendarat dan kendaraan tempur Korps Marinir dengan cepat dan gesit serta penuh percaya diri,  satu persatu keluar dari mulut rampa Kapal Perang untuk melaksanakan  pendaratan Amfibi di pantai Todak Dabo Singkep Kepri.


Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay mengatakan “Dalam hitungan menit Pasrat Korps Marinir berhasil menumpas dan mengembalikan Dabo Singkep ke pangkuan Negara Kesatuan Republik indonesia (NKRI).


Kadispen juga mengatakan “Sebelumnya terdengar beberapa kali dentuman dan tembakan bantuan dari beberapa Kapal Perang Republik Indonesia yaitu dari KRI Jhon Lie 358, KRI Teluk Ende 517, KRI Teluk Cirebon 543, KRI Teluk Sibolga 536.


Lalu KRI Bung Tomo 357, KRI Tjiptadi 381, KRI Patimura 371, KRI Teuku Umar 385 serta bantuan tembakan dari atas pesawat untuk mengawal Pasukan Pendarat Korps Marinir bermanuver dari laut ke darat memasuki wilayah pantai Todak yang sudah dikuasai musuh.


Pertempuran sengit tersebut merupakan simulasi dari Prajurit Petarung Korps Marinir yang tergabung dalam Latihan Operasi Amfibi TNI Angkatan Laut Tahun 2021 yang dipusatkan di Pantai Todak Dabo Singkep Kepulauan Riau.


Latihan Operasi Amfibi tersebut  melibatkan 1.200 personel, puluhan alutsista TNI Angkatan Laut, seperti Kapal Perang Republik Indonesia, Pesawat Udara  dan Kendaraan Tempur Korps Marinir seperti BTR-50 PM, Tank BMP 3F serta Perahu Karet  dengan daerah latihan mulai dari Jakarta, Laut Jawa, Laut Natuna dan Pantai Todak Dabo Singkep Kepulauan Riau.


Kepala Staf AngkatanLaut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr(Han). menyaksikan secara langsung Latihan pendaratan prajurit Koprs Marinir  dalam Latihan Pertahanan Pantai Tahun 2021.


Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama Mabesal, Pejabat Utama Mako Kormar, Pangkotama TNI AL, Wakapolda Kepri, Wakil Bupati Lingga dan Forkopimda Kabupaten Bintan. (r/Adi) 



Share on Social Media