Natuna

Letkol Laut (P) Ahmad Nur Taufik Resmi Jabat Komandan KRI Alugoro- 405

Juliadi | Rabu 07 Apr 2021 16:42 WIB | 2141

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, RANAI – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlatamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., hadiri Upacara Peresmian dan Pengukuhan Komandan KRI Alugoro – 405 di Fasilatas Labuh (Faslabuh) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai Natuna Kepulauan Riau, Selasa (6/4/2021).


Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan sekaligus pengambilan sumpah jabatan Komandan KRI Alugoro – 405.


Dalam sambutannya Pangliman TNI mengatakan “KRI Augoro – 405 baru saja diresmikan sebagai komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), KRI Alugoro menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari kemampuan pengendalian laut dan kemampuan anti akses TNI Angkatan Laut,” tuturnya.


Panglima TNI juga mengatakan “Dengan telah resminya KRI Alugoro - 405 masuk kejajaran Satuan Kapal Selam Komando Armada II, maka telah tiba waktunya KRI Alugoro untuk melaksanakan tugas dilaut,” sebutnya.


Panglima juga menambahkan “KRI Alogoro – 405 menjadi bukti kemajuan proses modernisasi yang terus berlangsung, penguatan industri pertahan Nasional dimasa mendatang perlu terus ditingkatkan,” tambahnya.


“Jaga , rawat dan pelihara Alutsista kebanggaan kita semua, yang saat ini menjadi Kapal Perang Republik Indonesia, apabila kalian menjaga Alugoro maka Alugoro akan menjaga kalian, “tegas Panglima TNI.


Panglima juga mengutip pidato Presiden pertama RI Bung Karno “Usahakanlah agar kita menjadi bangsa pelaut kembali, bangsa pelaut yang mempunyai Armada Niaga, bangsa pelaut yang mempunyai Armada Militer, bangsa pelaut yang kesibukannya dilaut menandingi irama gelombang lautan itu sendiri,” pungkasnya.


Sebagai  informasi nama Alugoro adalah salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki oleh Baladewa, Prabu Baladewa merupakan tokoh wayang dikenal adil, tegas dan jujur.

Sebelumnya nama Alogoro pernah digunakan sebagai nama kapal selam yang didatangkan dari negara Uni Sovyet yaitu RI Alugoro – 406. 

KRI Alugoro dibangun oleh Kemhan RI  melalui perusahaan dalam negeri PT. PAL Indonesia (persero), yang bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan, Daewo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

Ini merupakan tonggak sejarah dimana putra-putra terbaik bangsa Indonesia sudah mampu membuat kapal selam di galangan kapal PT. PAL Indonesia (persero).

Sebelumnya Panglima TNI bersama Kapolri mengikuti acara peletakan batu pertama Pembangunan Kantor Mako Guspurla Koarmada I dan Posko Keamanan Pantai Terintegrasi di Faslabuh Lanal Ranai Selat Lampa. (r/Adi) 



Share on Social Media