Batam

LPKA Kelas II Batam Berikan Keterampilan Kerajinan Tangan Untuk Anak Didik

Juliadi | Rabu 07 Apr 2021 15:28 WIB | 186

Lapas/Rutan


Anak didik LPKA Kelas II Batam menunjukkan hasil karya mereka (atas), Rabu (7/4/2021). Foto : Adi


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Guna berikan kemampuan wawasan bagi anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Batam, LPKA Kelas II Batam memberikan banyak kegiatan positif kepada para anak.


Kegiatan yang dilakukan para anak didik LPKA Kelas II Batam seperti mengaji bagi muslim, ibadah ke gereja bagi non muslim, berolahraga, membuat kerajinan tangan dan masih banyak kegiatan lainnya.


Salah satu anak didik LPKA Kelas II Batam Inisial RA (17) mengatakan, selama di LPKA Kelas II Batam banyak ilmu yang didapatkan seperti diajarkan mengaji serta membuat kerajinan tangan.


"Kegiatan ini sudah sebulan saya ikuti kak, selama satu bulan saya diajarkan membuat tempat tisu, replika jembatan Barelang dari stik es krim kak," kata RA, kepada Matakepri.com, Rabu (7/4/2021).


Menurutnya, selama di LPKA Kelas II Batam ada merasa senang, sedih dan jenuh. Kalau rasa senang disini, ia mengaku banyak ilmu yang didapatkan seperti membuat kerajinan.


Sementara itu, Anak didik LPKA Kelas II Batam lainnya inisial AD (18) mengatakan, setelah keluar dari sini ia akan berubah, karena selama disini sudah banyak ilmu yang ia dapatkan.


"Saya akan berubah kak, disini saya banyak ilmu yang saya pelajari kak," tuturnya.


Ditambahkan anak lainnya Inisial A (14), dalam pembuatan kerajinan replika jembatan Barelang ini agak susah dan dalam 2 hari, serta membuatnya juga ia dibantu temannya.


"Kalau untuk membuat rumah dari stik es krim tidak sulit dan butuh waktu 2 jam saja," katanya.


Zainal Arifin selaku pelatih kerajinan tangan mengatakan, bahwa mereka mengajari anak-anak dalam keterampilan kerajinan tangan seperti rumah, jembatan Barelang, pot bunga dari stik es krim dan tempat tisu.


"Di sini kita masih proses, kendala dalam mengajari tidak ada dan untuk hasilnya karya anak juga untuk fasilitas LPKA Kelas II Batam juga," ungkap Zainal.


Menurut Zainal, keterampilan yang dibuat yang bisa dimanfaatkan juga.


"Dalam setiap praktek, anak-anak diberikan waktu 2 jam, karena hanya dari jam 10 sampai jam 12, jam 12 anak-anak istirahat," katanya.


Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi berkah bagi anak-anak didik di LPKA Kelas II Batam ini.


"Kami disini selaku jajaran pembinaan LPKA Kelas II Batam, kami selalu melakukan segala kegiatan pembinaan yang salah satunya pembinaan pembuatan kerajinan tangan bagi anak-anak," Kasi Pembinaan LPKA Kelas II Batam, ujar Adie Purwata.


Lanjut dikatakan Adie, dalam hal ini juga pihaknya mengucapkan terima kasih dari pihak luar LPKA Kelas II Batam yang banyak membantu.


"Sedangkan hasil karya para anak, kalau mitra bisa di pasarkan diluar sana, itu kita kembalikan ke mitra itu sendiri," ujar Adie.


Ia mengatakan, dari hari senin sampai jumat banyak kegiatan positif yang dilakukan para anak-anak didik LPKA Kelas II Batam. (Adi)