Batam, News, Kepri

Dr. Afdhalun Anwar Hakim: Terapkan CERDIK Pada Diri Anda, Insyaallah Jantung Sehat

Egi | Selasa 06 Apr 2021 12:50 WIB | 296

Dokter
BP Batam


Direktur RSBP Batam dr. Afdhalun Anwar Hakim saat ditemui di Tiban Center (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Atasi pencegahan penyakit Jantung, dr. Afdhalun Anwar Hakim, Sp.JP, FIHA, FASCC yang merupakan seorang Dokter Jantung dan Pembuluh Darah memberikan tips agar jantung kita tetap sehat.


Direktur Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, dr. Afdhalun Anwar Hakim mengatakan, saat ini, kasus penyakit jantung di Kepri, khususnya di Kota Batam meningkat tajam. Hal ini disebabkan karena mengikuti gaya hidup di perkotaan dengan banyak mengkonsumsi makanan laut yang berlebihan.


"Untuk mengurangi terjadinya penyakit jantung, saat ini kita melakukan pelatihan kepada instruktur senam jantung sehat. Instruktur senam yang dilatih ini juga akan mendapatkan sertifikasinya," ujar dr. Afdhalun  pada Selasa (6/4/2021) pagi.


Lanjutnya, pelatihan instruktur senam ini kita laksanakan, karena penyebab kematian utama di Indonesia adalah penyakit jantung.


"Biaya pengobatan untuk penyakit jantung ini sangatlah mahal. Salah satu cara untuk menghindari serangan jantung ialah dengan cara senam sehat ini," bebernya.


dr. Afdhalun Anwar Hakim juga menghimbau kepada masyarakat agar bisa terhindar dari serangan jantung, silahkan terapkan dalam diri untuk ikuti pola hidup CERDIK.


"C adalah Cek kesehatan secara rutin seperti kolesterol, gula dan tensinya berapa. Kemudian E adalah Enyahkan rokok. Matikan rokok sebelum rokok mematikan anda," kata dr Afdhalun yang juga menjabat sebagai Ketua Departement Keorganisasian Perhimpunan Spesialis Jantung Indonesia.


Lanjut dr, R adalah Rajin berolahraga seperti aerobik, dan senam jantung sehat ini. Kemudian D adalah Diet yang seimbang. Hindari makanan yang berlebihan dan perbanyak makan sayur-sayuran.


"I adalah lakukan Istirahat yang cukup, karena kalau kelelahan dapat menyebabkan serangan jantung juga. Terakhir K adalah Kelolah stres, karena kebanyakan stres itu juga pemicu penyakit jantung," imbuhnya.


dr. Afdhalun Anwar Hakim berharap, dengan adanya Senam Jantung Sehat dan masyarakat bisa mengikuti pola hidup dengan cara menerapkan CERDIK, insyaallah jantung kita sehat.


"Kita berharap, dengan adanya Senam Jantung Sehat ini, angka kematian yang diakibatkan penyakit jantung di Indonesia terutama di Kota Batam bisa menurun," pungkasnya (egi)