Batam, News, Kepri

Haripinto Tanuwidjaja, Perayaan Imlek Ditengah Pandemi Terasa Sangat Berbeda

Egi | Minggu 31 Jan 2021 21:35 WIB | 1858

Sembako
Imlek


Anggota Komite I DPD RI, Haripinto Tanuwidjaja saat ditemui di daerah Jembatan 4 Barelang (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Perayaan tahun baru Imlek 2021 terasa berbeda bagi Haripinto Tanuwidjaja dikarenakan saat ini Indonesia masih berada ditengah pandemi Covid-19.


Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Haripinto Tanuwidjaja mengatakan, tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orangĀ Tionghoa.


"Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa, karena bisa berkumpul bersama dengan keluarga," ujar Haripinto disela kegiatan oleh Perkumpulan Marga Tan Kota Batam berbagi paket sembako di Kiki Beach Resort Jembatan 4 Barelang pada Minggu (31/1/2021) siang.




Lanjutnya, adat dan tradisi yang berkaitan dengan perayaan tahun baru Imlek sangat beragam. Namun, kesemuanya banyak berbagi tema umum seperti perjamuan makan bersama keluarga.


"Pelaksanaan tahun baru Imlek biasanya kita melaksanakan sembahyang bersama, bertemu dengan orang tua, dan berkumpul dengan keluarga," ungkapnya.


Cuma, pada tahun ini perayaan tahun baru Imlek sangat berbeda, dikarenakan sekarang ini kita sedang dilanda Covid-19.


"Memang berbedalah perayaan tahun baru Imlek sekarang. Intinya kita bertemu dengan orang tua dan keluarga besar," imbuhnya.




Haripinto Tanuwidjaja juga mengatakan, sebelum pelaksanaan tahun baru Imlek, kita dari Marga Tan setiap tahunnya selalu berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.


"Hari ini kita dari perkumpulan Marga Tan Kota Batam melaksanakan pembagian paket sembako ke beberapa tempat. Seperti saat ini, kita berbagi di daerah Barelang," kata Haripinto.


Bukan hanya menjelang tahun baru Imlek saja perkumpulan Marga Tan melaksanakan kegiatan bakti sosial. Dihari besar lain seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal kita juga melaksanakan baksos.


"Kita sangat peduli dengan sesama, karena kepedulian itu sangat penting. Diagama kita juga selalu mengajarkan untuk selalu miliki sifat kepedulian," pungkasnya (egi)



Share on Social Media