Batam, Hukum & Kriminal, Kepri

Selundupkan Mikol, ABK dan Barang Bukti Ditangkap Polairud Mabes Polri di Tanjung Riau

Egi | Sabtu 23 Jan 2021 15:34 WIB | 210

Polda Kepri
Bea Cukai
Mabes Polri


Kapal speed boat yang akan membawa mikol ke Kabupaten Karimun (foto ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Tim Patroli Polairud Mabes Polri berhasil menggagalkan penyelundupan minuman beralkohol dan barang campuran di Perairan Pulau Saloko, Tanjung Riau, pada Jum'at (22/1/2021) sekira pukul 19.00 WIB.


Dirpolairud Polda Kepri Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom melalui Kasubdit Gakum Ditpolairud Polda Kepri, AKBP Nurochman Nulhakim mengatakan, Tim Patroli Polairud Mabes Polri amankan satu unit kapal speed boat yang hendak membawa barang campuran dan mikol.


"Tim melakukan pemeriksaan terhadap speed boat yang sedang melakukan pelayaran. Dari hasil pemeriksaan, didapati bahwa speed boat tersebut berlayar dari Tanjung Riau, Batam dengan tujuan Kabupaten Karimun membawa muatanĀ  barang campuran dan mikol," ujar Nurochman saat dikonfirmasi pada Sabtu (23/1/2021) siang.


Lanjutnya, dari pemeriksaan didapati mikol tersebut bermerek Tiger, Chivas dan Red Label tanpa dilengkapi dokumen Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPBB) dari Bea dan Cukai.


"Setelah dilakukan pemeriksaan, tim membawa nahkoda kapal berinisial IS beserta 2 (dua) orang ABK dan barang bukti berupa 1 (satu) unit speed boat dibawa ke Mako Polairud Polda Kepri untuk dimintai keterangan lebih lanjut," imbuhnya.


Terhadap saudara IS selaku nahkoda 1 (satu) unit speed boat diduga melakukan tindak pidana tentang kepabeanan, (egi)