Batam, Hukum & Kriminal, Kepri

Sepanjang Tahun 2020, BNNP Kepri Berhasil Ungkap 54 Kasus Narkotika dan Tangkap 67 Tersangka

Egi | Rabu 30 Dec 2020 14:39 WIB | 1206

BNNP Kepri


Press release akhir tahun 2020 BNNP Kepri (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Selama tahun 2020 Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri berhasil melakukan pemutusan jaringan dan berbagai ungkap kasus kejahatan narkotika sebanyak 54 kasus.


Kepala BNNP Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan mengatakan dalam tahun 2020 ada 54 kasus berhasil diungkap diantaranya pengungkapan jaringan peredaran gelap narkotika sebanyak 25 jaringan dengan melibatkan 67 tersangka.


"Dari 54 kasus narkotika jumlah barang bukti yang berhasil diamankan yaitu sebanyak 9.2571,12 gram sabu, 3.410 butir ekstasi, dan 3,75 gram ganja," ujar Kepala BNNP Kepri saat prees release akhir tahun 2020 di Kantor BNNP Kepri pada Rabu (30/12/2020) siang.


Lanjutnya, banyaknya kasus dan jumlah barang bukti yang diungkap merupakan bukti dari kerja keras BNNP Kepri dan jajaran serta sinergi yang kuat dengan instansi terkait baik Polri, TNI dan Bea Cukai.


"Langkah pemberantasan tidak akan menghasilkan dampak yang signifikan jika tidak diimbangi dengan demand reduction atau pengurangan permintaan narkoba melalui langkah pencegahan," bebernya.


BNNP Kepri melakukan berbagai upaya pencegahan yaitu membangun jejaring berwawasan anti narkoba, pemberdayaan peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan bersih narkoba, pemberdayaan kawasan rawan atau masyarakat rentan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, sosialisasi bahaya narkoba dan kampanye stop narkoba.


Untuk menguatkan perlawanan terhadap narkoba tahun 2020 BNNP Kepri telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait dalam membangun jejaring berwawasan anti narkoba di 32 lembaga baik di instansi pemerintah, swasta, lingkungan pendidikan dan masyarakat dengan dokumen kerjasama (MOU) yang terbentuk sebanyak 39 dokumen.


"Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya narkoba, BNNP Kepri telah melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba dan kampanye stop narkoba kepada 12.111 orang dan pembentukan relawan anti narkoba sebanyak 214 orang," kata Richard, (egi)



Share on Social Media