Batam

Taman Wisata Hutan Mata Kucing Gandeng ASPPI dan Pokdarwis Gelar Fun Bike Batam Day 191

Juliadi | Sabtu 19 Dec 2020 17:13 WIB | 1483

Pariwisata


Suasana Konferensi pers di Taman Wisata Hutan Mata Kucing, Sabtu (19/12/2020). Foto : Adi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Taman Wisata Hutan Mata Kucing dengan menggandeng Asosiasi Pelaku Parawisata Indonesia (ASPPI) Kepri, Batam Tourism and Promotion Board (BTPB) dan Pokdarwis Kota Batam menggelar kegiatan Fun Bike Batam Day 191, Minggu (20/12/2020) besok yang dimulai pukul 06.30 WIB.


Kegiatan ini juga disponsori oleh Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kota Batam, BP Batam, Pokdarwis Kota Batam, Kencana Tour and Travel, Kampung Kuliner, Adventure Ramoh Island dan Jet Ski Safari Batam War Wir dan selaku Event Organizer yakni Bramastra Event Organizer.


Pengelola dan penanggung jawab Hutan Wisata Mata Kucing, Netty Herawaty didampingi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ASPPI Kepri 
Justisia Primadona, Direktur Eksekutif BTPB Edi Sutrisno, Bakrim (Penggagas even ini) dan Andre, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan merupakan ide dari  Pokdarwis Kota Batam dan Taman Wisata Hutan Mata Kucing menyediakan tempat.


"Acara bersepeda ini sebenarnya bukan saya idenya, ini ide dari Kelompok Pokdarwis wisata pak Deska dan Pak Bakrim, mereka datang ke Saya untuk melaksanakan kegiatan ini yang starnya dari sini (Taman Wisata Hutan Mata Kucing)," kata Netty, Sabtu (19/12/2020).


Lanjut dikatakannya, setelah ini berjalan Deska perlu istirahat dan kemudian pak Bakrim mengajak dirinya.


"Jadi saya terlanjur sudah memberi tau ke Publik, jadi saya lanjutkan membantu acara ini," kata dia.


Menurutnya, untuk acara besok tempat untuk makanannya memakai daun untuk mengurangi sampah.


"Besok yang kita kasih bukan Snack Box (makanan di dalam Kotak), tapi makanan yang di dalam daun," ujar Netty.


Ketua DPD ASPPI Kepri Justisia Primadona (Kemeja merah), Pengelola Taman Wisata Hutan Mata Kucing Netty Herawaty, Direktur Eksekutif BTPB Edi Sutrisno, Bakrim (Penggagas Fun Bike Batam Day 191) dan Andre, Sabtu (19/12/2020). Foto : Adi 


Ia juga berharap, kegiatan adanya kegiatan ini, mudah-mudahan ada pandangan masyarakat tentang hutan. Bahwasanya hutan itu bukan hanya tempat menebang kayu, Hutan itu bukan tempat yang menyeramkan.


"Sebenarnya hutan itu, kalau dijaga dengan baik bisa menjadi destinasi wisata. Kita ingin Batam bisa setara dengan Bali, Bali ada Kelompok-kelompok yang bisa dijadikan destinasi wisata," ungkap Netty.


Dengan adanya kegiatan bersepeda ini, ia juga berharap pandangan mas tentang hutan yang menakutkan bisa berubah.


Sementara itu, Ketua DPD ASPPI Kepri Justisia Primadona, menambahkan, bahwa dari ASPPI ini sangat mendukung sekali dengan kegiatan Fun Bike Batam Day 191.


"Kita dari ASPPI juga menurunkan pengurus ke lapangan di enam titik untuk memberikan Support dan kita juga disini akan mendistribusikan seperti minuman. Kita juga telah menyiapkan beberapa tim dan kita juga mensuport beberapa hadiah untuk acara nanti," tambah wanita yang akrab di sapa Dona.


Lanjut dikatakan Dona, proses yang dikerjakan untuk Event ini sudah dilakukan seminggu yang lalu dan ia berharap kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.


Salah satu tim teknis kegiatan Fun Bike Batam Day 191, Andre, mengatakan, terselenggara kegiatan ini tidak ada bantuan dana dari pihak lain dan hanya mengandalkan tiket peserta.


"Tapi dari ASPPI, membantu penggandaan untuk Lucky Draw, bantuan Masker dan bantuan Hand sanitizer. Alhamdulillah itu sangat mendukung acara kita," ungkap Andre.


Ia berharap, menjelang hari H (Besok) target 300 peserta tercapai dan untuk rute start dari Taman Wisata Hutan Mata Kucing. Pukul 6.30 WIB dilakukan Briefing dahulu sebelum kegiatan dimulai dan kegiatan di mulai pukul 7.00 WIB.


Menurutnya, sesuai arahan Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Batam, tidak semua peserta dilepas serentak. Akan tetapi peserta dilepas bertahap dan dibagi beberapa regu.


"Alhamdulillah, kita di berikan izin dari ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Batam untuk menyelenggarakan kegiatan ini," tutur Andre.


Rute Fun Bike Batam Day 191. (Foto : Ilustrasi) 


Ia menjelaskan untuk rute peserta mulai dari Taman Wisata Hutan Mata Kucing, Simpang Basecamp, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah (slot 1) kembali ke Simpang Basecamp dilanjutkan ke Marina kemudian Simpang Temiang dan finish ke Taman Wisata Hutan Mata Kucing.


Dikatakannya, untuk biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000 yang sudah termasuk snack Box dan bermain di Taman Wisata Hutan Mata Kucing serta berenang


Penggagas Fun Bike Batam Day 191, Bakrim mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan masih dalam rangka Hari Jadi Batam ke 191 dan dimasa pandemi Covid-19 ini Pokdarwis Kota Batam masih tetap eksis.


"Selain menyelenggarakan Event ini, kami juga ingin memperkenalkan destinasi wisata Taman Wisata Hutan Mata Kucing ke pada masyarakat luas. Dalam Fun Bike Batam Day 191 ini rute yang kami tempuh 24 Km," ujar Bakrim.


Lanjut dikatakannya, disetiap Pit stop Panitia telah menyiapkan air minum untuk para pesepeda dan diberi waktu 15 menit, lalu mereka Gowes lagi.


"Dalam pelaksanaan kegiatan ini kita juga telah bekerjasama dengan Patwal Lalulintas, sampai saat ini kita masih mempromosikan dan menggaet para komunitas peseda," imbuhnya.


Untuk informasi pendaftaran Fun Bike Batam Day 191, bisa menghubungi 08196003466 (Netty), 081277529182 (Bakrim) atau Andre ke Nomor 081214753222.


Ayo para peseda daftarkan diri anda untuk memeriahkan Hari Jadi Batam ke 191 ini. (Adi)



Share on Social Media