Batam, News, Kepri

Warga Pondok Asri Keluhkan Pengurusan KTP dan Iuran BPJS Kesehatan Saat Reses Tan A Tie

Egi | Senin 07 Dec 2020 21:42 WIB | 1254

DPRD


Reses Tan A Tie di perumahan Pondok Asri Sei Panas (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020 Anggota DPRD Kota Batam, Tan A Tie dilaksanakan di RT 2 RW 10 Perumahan Pondok Asri Indah, Kelurahan Sei Panas, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Minggu, 6 Desember 2020 pagi.


Puluhan warga tampak antusias mengikuti jalannya reses yang dilaksanakan di fasum milik warga. Selain ingin menyampaikan langsung keluhan yang dialaminya, warga yang didominasi oleh kaum emak-emak ini ingin berjumpa langsung dengan wakilnya yang duduk di lembaga legislatif DPRD Kota Batam.




Namun begitu, warga yang datang ke lokasi acara terlihat tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dimasa pandemi Covid-19 ini, yakni selalu memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, serta selalu menjaga jarak.


Reses tersebut berjalan dengan interaktif dan dialogis. Para warga berlomba-lomba ingin menyampaikan secara langsung berbagai macam keluhan yang dirasakannya kepada anggota dewan yang hadir, dengan harapan supaya apa yang menjadi keluhannya diterima oleh anggota Komisi I di DPRD Kota Batam ini.


Tampak hadir dalam reses tesebut, anggota DPRD Batam, Tan A Tie, Ketua RW 10 Perumahan Pondok Asri Indah, Racmat Rusmawan, Ketua RT 01, Ali Rusdi, Ketua RT 02, Irwan, Ketua RT 03, Iunardi, Tokoh Masyarakat, Ardianto dan Tokoh Agama, Supriadi, serta warga lainnya.




Ketua RW 10 Perumahan Pondok Asri Indah, Sei Panas, Rachmat Rusmawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan salut kepada anggota dewan, Tan A Tie, yang telah bersedia melaksanakan Reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020 di wilayahnya.


Rachmat mengatakan kehadiran anggota dewan di wilayahnya adalah merupakan suatu kehormatan tersendiri baginya. Yang mana sangat jarang sekali wilayahnya dikunjungi langsung oleh anggota dewan. 


"Apalagi sekarang beliau sengaja mendatangi kami dan ingin mendengarkan langsung keluhan-keluhan apa saja yang dialami warga supaya dicarikan solusi dan jalan keluarnya. Ini yang sangat jarang sekali terjadi, dan pantas diberikan apresiasi," ungkapnya.




Lanjutnya, biasanya warga disini sungkan saat kedatangan tamu-tamu besar seperti halnya anggota DPRD ini, namun hal itu tidak tampak saat politisi dari Partai Solidaritas Indonesia ini hadir. Wargapun merasa tak asing lagi dengan kehadiran Tan A Tie.


"Pak Tan A Tie tadi sangat welcome ke warga, sehingga wargapun membuka diri untuknya. Menjalin cepat keakraban itu tidak semua orang bisa melakukannya, namun pak Tan A Tie bisa mencairkan suasana," jelasnya.


Masih menurut Racmat, beberapa keluhan warga mencuat dalam reses tersebut, diantaranya pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang sangat memberatkan rakyat kecil ditengah pandemi virus corona, dan lambatnya pengurusan KTP.




"Insya Allah pak dewan akan secepatnya berkomunikasi dengan pihak BPJS Kesehatan dan Disduk Batam untuk dicarikan solusi terbaiknya," tuturnya.


Selain itu, mewakili pengurus RT dan RW, Rachmat mengatakan ada beberapa program yang menjadi prioritas dan harus cepat dilaksanakan, yaitu mengembalikan fasum ke posisi awal peruntukkannya, pembuatan batu miring di sekeliling fasum dan pembelian alat-alat kompang untuk ibu-ibu pengajian dan remaja putri.


"Alhamdulillah, dalam reses kali ini pak Tan A Tie lansung memberikan satu set kompang untuk ibu-ibu pengajian dan remaja putri di RW 10 ini," ujarnya.


Menanggapi apa yang menjadi keluhan warga, Anggota DPRD Kota Batam, Tan A Tie mengatakan berkomitmen akan menyelesaikan apa yang menjadi permintaan warga di RT 2 RW 10 Perumahan Pondok Asri Indah, Sei Panas.


"Mengenai tunggakan pembayaran iuran BPJS kami akan berkoordinasi lintas Komisi di DPRD Batam, untuk dicarikan solusinya. Mengenai berapa biaya yang akan dikeluarkan, akan kita bayarkan. Yang terpenting masyarakat bisa kembali mempergunakan kartu BPJS Kesehatan untuk berobat di rumah sakit," pungkasnya, (egi).



Share on Social Media